Ketapang, Penyuplai Oksigen Terbesar di FMIPA

Pohon ketapang dengan nama latin Terminalia cattapa L. adalah salah satu penyuplai oksigen terbesar di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetah...


Pohon ketapang dengan nama latin Terminalia cattapa L. adalah salah satu penyuplai oksigen terbesar di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Hal tersebut karena jumlah pohon ketapang yang melimpah di kawasan FMIPA ini. Pohon ini bercirikan batang yang  besar, tingginya sampai 20 m lebih, daunnya selebar telapak tangan, berbentuk bulat telur, dan dua kali setahun daunnya gugur. Bunganya tidak berwarna tetapi harum baunya.

Ketapang merupakan tumbuhan asli Asia Tenggara dan umum ditemukan di wilayah ini, kecuali di Sumatra dan Kalimantan yang agak jarang didapati di alam. Pohon ini biasa ditanam di Australia bagian utara dan Polinesia; demikian pula di India, Pakistan, Madagaskar, Afrika Timur dan Afrika Barat, Amerika Tengah, serta Amerika Selatan.

 Pohon ini cocok dengan iklim pesisir dan dataran rendah. Ketapang menggugurkan daun hingga dua kali setahun, sehingga tumbuhan ini bisa tahan menghadapi bulan-bulan yang kering. Buahnya yang memiliki lapisan gabus dapat terapung-apung di air sungai dan laut hingga berbulan-bulan, sebelum tumbuh di tempat yang cocok. Buahnya juga disebarkan oleh kelelawar.


Menurut Wasinton Simanjuntak, Ph.D., selaku dosen jurusan kimia menuturkan bahwa umur dari pohon ketapang sudah puluhan tahun dan masa kerja ketapang telah mencapai 23 tahun.
Dosen kimia ini melakukan penelitian terhadap pohon ketapang dan ternyata banyak sekali manfaat dari pohon ketapang, diantaranya :
- Daun yang mengandung tanin digunakan oleh industri kulit sebagai penyamak kulit, bahan bewarna hitam serta tinta.
 Buah mengandung minyak, protein, karbohidrat, dan lain-lain.

Selain manfaat berdasarkan dari penelitian Wasinton, manfaat lain dari pohon ketapang yaitu:
-          Biji ketapang dapat dimakan mentah atau dimasak, rasa dari biji ketapang  lebih enak dari biji kenari, dan digunakan sebagai pengganti biji amandel (almond) dalam kue-kue.
-          Biji ketapang dapat dijadikan sebagai sumber protein nabati yang sangat dibutuhkan oleh tubuh
-          Dapat dijadikan sumber karbohidarat meskipun kandungannya hanya sedikit.
-          Kalangan penggemar ikan hias dapat menaruh daun-daun ketapang kering di akuarium, khususnya ikan cupang (Betta spp.), dapat memperbaiki kesehatan dan memperpanjang umur ikan
-          Kayu dari pohon ketapang biasanya dijadikan bahan utama dalam pembuatan perahu.
-          Inti bijinya yang kering jemur menghasilkan minyak berwarna kuning hingga setengah dari bobot semula. Minyak ini mengandung asam-asam lemak yang berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh.
-          Biji ketapang dapat dimakan untuk memperlancar keluarnya ASI. (Tazkiya, Rudi, Adelfira, Aska, Wiwin, Windi, Nuryanti)


Related

Berita Sains 4694818035201190784

Posting Komentar


  1. Menarik sekali,, mari kita hijaukan bumi kita

    Kami suplier Rumput Gajah Mini, Rumput Jepang dan tanaman lain untuk kebutuhan taman anda seperti aneka palem, pule, soka india, aneka kamboja, dll.
    Kami juga melayani jasa pembuatan taman untuk wilayah Jawa Tengah

    Hubungi kami klik http://rumputjepang-gajahminimurah.blogspot.com/

    Arya Flower

    BalasHapus

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item