UAS-ku Sukses Tanpa Galau

“Barangsiapa naik panggung tanpa persiapan, ia akan turun panggung dengan kehinaan.” Kalimat yang dikutip dari William Shakespeare ini mungk...


“Barangsiapa naik panggung tanpa persiapan, ia akan turun panggung dengan kehinaan.” Kalimat yang dikutip dari William Shakespeare ini mungkin bisa dipakai sebagai perumpamaan dalam menghadapi UAS semester ganjil yang dilaksanakan pada tanggal 3 Januari nanti. Agar mahasiswa FMIPA memiliki bekal dan strategi untuk menghadapi UAS tersebut, maka Rohani Islam (ROIS) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung mengadakan kajian bertemakan “UAS-ku Suskes Tanpa Galau”. Kajian rutin yang diadakan setiap hari selasa ini (18/12) menghadirikan salah satu motivator Lampung, Supriono, S.Si.

Supriono memaparkan bahwa UAS bisa dikatakan sama dengan perlombaan, sebelum menghadapinya kita perlu ada persiapan. Beberapa tips yang beliau sampaikan. Pertama lengkapi bahan ujian yang sudah diberikan dosen, seperti modul, slide presentasi, foto copy materi, dan sebagainya. Selanjutnya cari tahu tipe karakter dosen tersebut serta soal-soal yang sudah diberikan pada tahun sebelumnya. Lalu sesuaikan metode belajar terhadap waktu yang tersedia, jangan gunakan metode SKS (Sistem Kebut Semalam) atau SKSS (Sistem Kebut Setelah Shubuh).

Alumni jurusan Kimia ini juga mengatakan disaat sebelum H-1 kuasai atau hafalkan konsep-konsep materi, dan pada H-1 berlatih dengan mengerjakan soal-soal. Lalu biasakan untuk belajar kelompok dengan memilih teman-teman yang cukup serius, serta memiliki “level” diatas kita.

Tidak hanya tips sebelum menghadapi UAS, salah satu pengajar Nurul Fikri Bandar Lampung ini juga memiliki tips yang bisa dilakukan pada saat pelaksanaan UAS, yaitu datang paling tidak 10 menit sebelum UAS, agar tidak terjadinya kegugupan dalam mengerjakan soal. Selanjutnya bisa menggunakan strategi sesuai dengan slogan “Posisimu menentukan Prestasimu”.

Menurutnya, dalam mengerjakan soal kita dapat melihat dari tipe soal tersebut, antara lain Soal Putih, soal ini adalah jenis soal yang sudah pernah dikerjakan sebelumnya atau tingkat kesukarannya rendah, sebaiknya tipe soal jenis ini dikerjakan pertama kali. Lalu Soal Abu-abu, ini adalah soal yang membuat kita ragu dalam mengerjakannya dikarenakan rumus yang akan digunakan masih samar atau yang lainnya, sebaiknya tipe soal jenis ini dikerjakan kedua. Terakhir tipe soal Hitam, soal ini merupakan soal yang tingkat kesukarannya tinggi atau bahkan kita baru pertama kali melihatnya, maka sebaiknya soal ini dikerjakan terakhir kali.

“Adakah tips untuk ujian skripsi dan ujian kompre, kak?” Tanya Astri salah satu mahasiswa Jurusan Kimia pada saat sesi tanya jawab. Jawabnya, untuk ujian skripsi kuasai materi dari skripsi kita itu, sedangkan untuk ujian kompre biasanya para dosen menanyakan hal hal dasar yang ada pada semester awal. Terlebih dari itu semua, hal yang paling penting adalah berdoa sebelum dan sesudah ujian tersebut, tutup pria yang sebentar lagi akan me-launchingbukunya yang berjudul S3 (Super Success Student) ini. (Khairil) 

Related

Berita Kampus 5503090737211382714

Posting Komentar

  1. Thnk bgt ats tips2'a slain tips2 diatas da yg jngan kalian lupakan.... JANGAN LUPA BERDO'A dan TAWAKAL Stelah kalian brusaha

    BalasHapus
  2. Amar Putra : wah bener-bener...Usaha-Doa-Tawakal.
    Terimakasih sudah membaca :)

    BalasHapus

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item