Himatika Akan Adakan History

Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika (Himatika) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan   A lam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila) akan  ...


Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika (Himatika) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila) akan  kembali  mengadakan History (HIMATIKA Study Tour), Senin-Minggu (21-27/13). Kegiatan  ini merupakan suatu kunjungan ke universitas-universitas yang berbeda untuk melakukan studi banding terkait program kerja yang bisa diterapkan di Himatika nantinya dan juga kunjungan ketempat-tempat pariwisata.

History terakhir kali diadakan pada tahun 2007 silam dan pada tahun 2011 lalu Himatika sempat akan mengadakan History namun karena jurusan Matematika dan Ilmu Komputer telah menjadi jurusan masing-masing sehingga History saat itu tidak jadi terlaksana. Oleh karena itu, tahun ini akan diadakan kembali sesuai dengan program kerja bidang eksternal Himatika.

Study Tour ini dikhususkan untuk mahasiswa Matematika FMIPA Unila yang masih aktif diperkuliahan terutama mahasiswa angkatan 2010, 2011 dan 2012. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan  jurusan Matematika FMIPA Unila kepada Universitas lain, masyarakat luar dan sekitarnya serta menjalin hubungan silaturahim dengan jurusan Matematika di universitas lain. “Kegiatan ini banyak manfaatnya. Selain menambah pengalaman, study banding, jurusan Himatika juga akan lebih dikenal lagi,” ujar Rohandi selaku ketua bidang eksternal Himatika. Rohandi juga menambahkan dengan adanya history ini Himatika lebih eksis lagi dan silaturahmi berjalan lancar.

Lanjutnya lagi, manfaat bagi peserta terutama wawasannya lebih bertambah, tahu bagaimana mengatur antara kuliah dan organisasi. Kalau seandainya progja di sana baik Himatika dapat menirunya dan yang jelasnya peserta akan saling bertukar pikiran dengan mahasiswa jurusan yang ada disana. Selain itu, kekeluargaaan di Himatika sendiri lebih erat lagi dan  dapat menikmati suasana liburan yang berbeda.

Hingga saat ini jumlah peserta yang mendaftar sekitar empat puluh orang masih jauh dari target awal yakni dua bus atau sekitar seratus orang dengan biaya Rp1.100.000,-/orang. Menurutnya, biaya tersebut sudah lebih murah dibandingkan fakultas lainnya.  Rohandi juga mengatakan apabila jumlah yang ikut kurang dari dua bus maka history kan tetap berjalan. Untuk saat ini masih terkendala di peserta karena Januari ini banyak mahasiswa yang tabrakan kegiatannya seperti Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk mahasiswa 2010, juga Karya Wisata Ilmiah (KWI)”.

Rute perjalanan dimulai dari Bandarlampung pada siang hari, pagi harinya sampai di Kebumen Yogyakarta sekalian kunjungan ke tempat wisata hingga sore hari sekaligus cek in hotel disekitaran Malioborro. Hari ketiga akan dilanjutkan dengan kunjungan ke Universitas Gajah Mada (UGM) dan salah satu industri di Yogyakarta yang berhubungan dengan jurusan Matematika. Hari ke-4 kunjungan ke Universitas Negri Yogyakarta (UNY), siang harinya kunjungan ke tempat pariwisata di Yogyakarta dan salah satu tempat industri lagi. Sore hari kembali melanjutkan perjalanan menuju Jakarta. Di Jakarta, rombongan History akan memasuki studio 1 trans 7 untuk menyaksikan Opera Van Java (OVJ) atau  Bukan Empat Mata. Setelah itu pulang menuju Bandarlampung dan tiba dipagi hari.

Mahasiswa matematika 2010 ini menambahkan, “Harapannya setelah history lebih kompak lagi hubungan kekeluargaan Himatika, ke depan acara selanjutnya lebih sukses, generasi penerus  himatika lebih baik lagi, membawa himatika lebih dikenal  kemasyarakat juga menjalin silaturahim antar universitas baik dilampung maupun diluar Lampung,” paparnya diakhir wawancara. (Yunus)

Related

Berita Kampus 4947937203957803204

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item