Mahasiswa dan Loyalitas

Oleh : Mujiono ( Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Fisika FMIPA Unila ) Mahasiswa merupakan seorang manusia yang memiliki anugerah lebih daripa...



Oleh : Mujiono (Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Fisika FMIPA Unila)

Mahasiswa merupakan seorang manusia yang memiliki anugerah lebih daripada manusia lain karna kesempatannya. Mahasiswa mempunyai kesempatan untuk mencari ilmu pada tingkatan tertinggi, dan yang perlu disyukuri lagi bahwa Mahasiswa mempunyai harapan untuk menjadi pemimpin negeri ini di masa yang akan datang. Dua anugerah besar itulah yang seharusnya menjadi cambuk bagi Mahasiswa untuk terus bersemangat dan berjuang dalam meraih cita-citanya.


Ilmu yang akan didapat Mahasiswa sangatlah banyak, tidak hanya di bangku kuliah atau perpustakaan saja. Dalam bangku kuliah, Mahasiswa mendapatkan ilmu-ilmu teoritis dan ilmu terapan. Sebagai Mahasiswa, semangat untuk mencari ilmu tidak terbatas pada rumusan-rumusan teori saja, akan tetapi juga dituntut untuk menguasai ilmu yang dapat membentuk kepribadian Mahasiswa itu sendiri. Kepribadian religius dan toleran, kepribadian yang nasionalis dan demokratis, kepribadian disiplin dan menghargai waktu, serta adanya sifat pemimpin dalam diri Mahasiswa.

Ilmu yang dapat membentuk kepribadian-kepribadian unggul tersebut merupakan soft skill yang banyak mempengaruhi kesuksesan diri Mahasiswa tersebut. Ilmu kepemimpinan itulah yang seharusnya ada dalam setiap diri Mahasiswa Indonesia dan diterapkan dalam kehidupan sehari-harinya.

Dalam aktifitasnya sebagai pelajar, Mahasiswa dapat mengembangkan kemampuannya dalam bidang keorganisasian demi terbentuknya mahasiswa yang berintegritas tinggi. Organisasi kemahasiswaan adalah salah satu tempat yang tepat untuk membentuk kepribadian yang unggul dan menanamkan sifat pemimpin. 
  
Organisasi Kemahasiswaan juga mampu mencetak pemimpin-pemimpin muda yang berloyalitas tinggi, kompeten dan tangguh. Tetapi tidak semua organisasi dapat membentuk mahasiswa yang unggul, karna banyak sekali kendala dari diri mahasiswa itu sendiri dalam menilai suatu organisasi yang mereka ikuti. Masalah  terbesar yang dirasa di masa sekarang ialah sedikitnya loyalitas para mahasiswa terhadap suatu organisasi yang diikutinya sehingga mahasiswa itu pun tidak akan berperan maksimal. Tidak hanya dalam berorganisasi mahasiswa harus memiliki loyalitas, dalam proses perkuliahan pun mahasiswa harus memiliki loyalitas dalam usahanya mencari suatu ilmu yang lebih agar apa yang menjadi harapannya benar-benar diperoleh.  

Pentingnya suatu loyalitas terhadap apa yang kita jalani merupakan hal yang sangat penting bagi kita para mahasiswa yang ingin berusaha untuk menjadi mahasiswa yang unggul, baik dalam bangku kuliah maupun organisasi. Kita sebagai mahasiswa memiliki peran besar kedepan terhadap bangsa dan negara ini karna kita tidak bisa terlepas dari peran kita yaitu sebagai Agen of Change, Social Control, dan Iron Stock. Kita sebagai mahasiswa harus sadar bahwa peran kita yang paling besar adalah ketika kita kembali ke masyarakat, dan di masyarakatlah nanti kemampuan kita akan benar-benar diuji. Maka kita sebagai mahasiswa harus benar-benar harus sadar bahwa loyalitas itu penting dalam setiap apa yang kita jalani baik itu dalam perkuliahan dan berorganisasi.

Related

Opini 1144122386110475182

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item