Semarak Dies Natalis Matematika

Dengan mengusung t ema “Menciptakan Generasi Matematika Sebagai Upaya Penyelesaian Masalah Dalam Kehidupan Nyata” maka Himpunan Mahasiswa M...



Dengan mengusung tema “Menciptakan Generasi Matematika Sebagai Upaya Penyelesaian Masalah Dalam Kehidupan Nyata” maka Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung (FMIPA Unila) kembali menggelar Dies Natalis Matematika ke-14 (Dinamika XIV).

Acara tahunan yang akan dilaksanakan pada 9-10 Maret lalu ini dimeriahkan dengan Olimpiade Matematika, Bazar, Pelatihan Guru Pembimbing (PGP), lomba mewarnai, dan lomba Win One (Who Is Number One).

Olimpiade Matematika yang diperuntukkan bagi pelajar SD, SMP, dan SMA ini  memperebutkan piala bergilir rektorat yang sebelumnya diraih oleh SMAN 2 Bandar Lampung, SMP Xaverius,dan SD Kartika 25. Kita ada beberapa event. Tapi karena FMIPA itu fakultas eksak, jadi kita lebih fokus ke kegiatan olimpiadenya,” ungkap Eko Parias selaku koordinator acara (4/3).

Juara olimpiade matematika pada Dinamika XIV kali ini berhasil diraih oleh Albertus Djauhari Djohan dari SMA Fransiskus Bandarlampung, Gabriel Powericho Luo Daely dari SMP Fransiskus Tanjung Karang, dan Beta Miftahul Falah dari SDN 1 Pringsewu Selatan.

Guru pembimbing yang menemani siswanya mengikuti Pelatihan Guru Pembimbing (PGP). Dalam pelatihan ini, para guru pembimbing diberi materi oleh dosen matematika Dra.Wamiliana, Msc. Ph.D,  Dr. Warsono, Ph.D dan Amanto, S.Si., M.Si. untuk meningkatkan kemampuan mengajarnya agar bisa membimbing anak didiknya untuk mengikuti olimpiade tahun depan. “Dengan adanya kegiatan ini semoga bisa meningkatkan kreativitas guru dalam pengajaran materi dan soal olimpiade,” ujar Ahmad Antoni Mahasiswa Matematika’11 selaku koordinator.

Ada hal baru di Dinamika XIV, diantanya lomba mewarnai untuk TK/PAUD dan Win One yang terbuka untuk umum. Joko Rudianto selaku koordinator Win One juga mengungkapkan bahwa selain untuk memperkenalkan Himatika kepada masyarakat umum, acara ini juga diharapkan dapat menghibur sekaligus memeriahkan Dies Natalis Jurusan Matematika. “Acaranya bagus, kalo bisa di adakan terus  karena pelajaran yang ditanyakan pun umum jadi disini kita gak harus pinter” ungkap Rita pemenang lomba Win One.

Kendala utama kegiatan ini yaitu dana dan waktu dari panitia yang masih banyak kegiatan lainnya selain dalam perkuliahan.“Harapan kita bersama, acara ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar, serta apa yang menjadi tujuan kita semuanya dapat tercapai, dan selalu terjadi peningkatan kuantitas maupun kualitas terhadap olimpiade dan acara-acara  berikutnya,” tutup Miftah mengakhiri wawancara (5/3).(Irsan/Rani/Sepria).  


DAFTAR JUARA LOMBA OLIMPIADE MATEMATIKA  

OLIMPIADE MATEMATIKA TINGKAT SD
JUARA
NAMA
SEKOLAH
1
Beta Miftahul Falah
SDN 1 Pringsewu Selatan
2
Yoanda S. Biantoro
SD Xaverius 3 Bandar Lampung
3
Brian Tedjakesuma
SD Pelita Bangsa
Harapan 1
Ruth Agita Husana Barus
SD Fransiskus 2 Bandar Lampung
Harapan 2
Nisrina Athirah Thifal
SD Dharma Bangsa
OLIMPIADE MATEMATIKA TINGKAT SMP
JUARA
NAMA
SEKOLAH
1
Gabriel Powericho Luo Daely
SMP Fransiskus Tanjung Karang
2
Muhammad Mara Ikhsan
SMPN 2 Bandar Lampung
3
Vincatius Indra Sulaiman
SMA Xaverius 1 Bandar Lampung
Harapan 1
Sabila Hadinnisa
SMPN 4 Metro
Harapan 2
Fabiola Ratna Denta Wati
SMP Xaverius 4 Bandar Lampung
OLIMPIADE MATEMATIKA TINGKAT SMA
JUARA
NAMA
SEKOLAH
1
Albertus Djauhari J
SMA Fransiskus Bandar Lampung
2
Albert Pratama
SMAN 2 Bandar Lampung
3
Theodorus Jonathan W
SMA Fransiskus Bandar Lampung
Harapan 1
Achmad Rafiq A
SMAN 2 Bandar Lampung
Harapan 2
Fadil Wiguna
SMA N 1 Metro

Related

Berita Kampus 4092124471015712469

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item