Semester Baru? Siapa Takut

Semester baru berarti kita kembali lagi dari awal. Mata kuliah baru, dosen baru, bahkan punya teman sekelas baru bisa kita rasakan diawal pe...


Semester baru berarti kita kembali lagi dari awal. Mata kuliah baru, dosen baru, bahkan punya teman sekelas baru bisa kita rasakan diawal perkuliahan ini.

“Jadikanlah semester lalu sebagai cerminan untuk menghadapi semester selanjutnya, apabila cocok dan itu bisa memaksimalkan hasil belajarmu maka teruskan, jika tidak segera rubah gaya belajarmu agar hasil nya lebih maksimal,” ujar Warsito, D.E.A saat diwawancarai, Senin (4/3).

Berikut sekedar berbagi tips bagi semua mahasiswa agar siap untuk menghadapi Semester baru ini :

1. Ambil Jatah SKS Sesuai Kemampuan

Mengambil jatah SKS sampai maksimal agar cepat lulus hanyalah sebuah teori. Faktanya, saat diterapkan, kita sering kali kewalahan menghadapi padatnya jadwal kuliah dengan seabrek tugas-tugas. Tapi, mungkin ini tidak berlaku bagi mahasiswa baru yang masih mengambil jatah paket dari universitas. Jika tidak belajar dengan keras, beban kuliah yang tinggi bisa membuat IP atau IPK kita turun. Jadi, pertimbangkan baik-baik sebelum mengisi KRS (Kartu Rencana Studi). Jika keadaan mengharuskan mengambil banyak SKS pada semester ini, pastikan kesibukanmu di luar waktu kuliah baik organisasi maupun pekerjaan tidak terlalu menyita waktumu.

2. Perbanyak Referensi Perkuliahan
Kuliah tanpa buku, bak bertani tanpa cangkul. Memang tidak semua mata kuliah memerlukan banyak referensi, tapi demi mendongkrak IP untuk bisa lebih tinggi lagi tidak ada salahnya. Akan tetapi, di jaman yang sudah canggih seperti saat ini, mahasiswa juga bisa memanfaatkan internet untuk mendapatkan referensi perkuliahan yang bisa diunduh dari berbagai situs. 

3. Manajemen Waktu, Sempatkan Untuk Berolahraga
Aturlah keseimbangan dari waktumu, antara belajar, organisasi, dan kesehatan. Jangan sampai kegiatan akademik maupun organisasi yang padat bisa membuat kesehatanmu drop. Kesehatan yang buruk bisa mengakibatkan seluruh jadwal kegiatanmu menjadi berantakan. Jadi sempatkanlah untuk berolahraga, misalnya bermain futsal, jogging ataupun olahraga ringan lainnya. 

4. Refreshing
Menyegarkan kembali otak dari penatnya kesibukan di dunia kampus juga tidak ada salahnya untuk dilakukan. Seperti menyelipkan sedikit agenda hang out bersama sahabat. Melakukan kegiatan outdoormaupun indoor yang menyenangkan dan bisa membuat semangat  kembali untuk siap menghadapi padatnya dunia kampus.

5. Niat dan Doa
Tanpa adanya kedua faktor ini, kerja keras dan usahamu bisa saja berakhir sia-sia. Niat tulus kepada-Nya dan terus berdo’a, mudah-mudahan dapat memperlancar semua kegiatan perkuliahan di kampus untuk sekarang ataupun seterusnya.   (Khairil/Icha/Ulfatun/Erika)

Related

Opini 8771297213726702422

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item