3 LK FMIPA Laksanakan Bakti Sosial

Berharap agar semua mahasiswa dapat tergerak hatinya untuk saling berbagi kepada orang yang membutuhkan.  Begitulah hal yng diharapkan denga...

Berharap agar semua mahasiswa dapat tergerak hatinya untuk saling berbagi kepada orang yang membutuhkan.  Begitulah hal yng diharapkan dengan diadakannya Bakti Sosial (Baksos) oleh beberapa LK di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila), diantaranya Natural, Himafi (Himpunan Mahasiswa Fisika) dan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) FMIPA Unila.
Acara Baksos ini diadakan pada waktu yang berbeda-beda oleh beberapa LK tersebut. Kegiatan yang ditujukan untuk masyarakat yang tidak mampu ini diawali dari dilaksanakanya bakti sosial oleh Garuda (Generasi Muda) BEM FMIPA Unila. Bantuan berupa uang tunai dan sembako yang di kumpulkan diberikan kepada yayasan Tahfidz Al-fateh, Sukarame pada Kamis (21/3).

Menurut Khoirul Anwar (Kimia 2012) selaku Ketua Pelaksana mengungkapkan bahwasannya kegiatan ini bertujuan sebagai sarana untuk saling berbagi satu sama lain, selain itu kegiatan baksos ini juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar garuda BEM FMIPA.

Sumbangan yang terkumpul didapatkan dari para mahasiswa semua jurusan di FMIPA Unila, selain dari sumbangan sukarela para mahasiswa, sumbangan juga didapat dari sumbangan wajib anggota Garuda BEM FMIPA Unila yang berupa uang tunai, susu, dan beras.
 “Agak kesulitan pada saat mengelola dana sumbangan dan sulitnya komunikasi antara anggota Garuda BEM FMIPA sendiri,” ujar Anwar saat diwawancarai Selasa (26/03).

Baksos selanjutnya dilaksanakan oleh Natural. Kegiatan yang dilakukan dalam rangka menyambut  Hari Ulang Tahun (HUT)  Natural ke-14 diselenggarakan pada Minggu (23/03) di 2 Panti Asuhan yaitu Panti Asuhan Qoroba Mulyo (Way Halim) dan Panti Asuhan Rhaudatul Jannah (Lampung Selatan).

Sejak Senin (11/03) hingga Jumat (22/03), panitia Bakti Sosial membuka posko di depan Sekretariat UKMF Natural, selain itu panitia juga melakukan kegiatan penggalangan dana di beberapa lokasi strategis di Bandarlampung. Lokasi tersebut antara lain lampu merah Pramuka, Bunderan Gajah, lampu merah Unila, dan lampu merah Teknokrat.

Hingga hari terakhir pengumpulan bantuan pada Jumat, (22/03) telah terkumpul bantuan berupa sembako, buku, pakaian, dan uang tunai sebesar Rp 700.000,-. Selain itu Lembaga Amil Zakat Daerah Amal Insani (LAZDAI) juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan memberikan bantuan dana sebesar Rp 500.000,-. Semua bantuan yang telah terkumpul dibagi menjadi dua bagian, masing-masing diberikan kepada kedua panti asuhan tersebut.

Sedangkan Baksos yang diadakan Himafi akan dilaksanakan pada  Kamis (11/05). Kegiatan ini menggunakan konsep Indoor dan OutdoorUntuk kegiatan Indoor akan dilaksanakan pada Sabtu (27/04) di jurusan Fisika. Kegiatan ini akan di hadiri oleh Dinas Sosial Bandarlampung, yang akan memberikan bantuan sebagai simbol untuk kegiatan bakti sosial ini. Sedangkan untuk kegiatan Outdoor akan dilaksanakan pada Kamis (11/05) di Desa Pesisir Teluk Betung.

Fahad Almafakir (Fisika 2011) selaku Koordinator Baksos menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membentuk rasa peduli akan sesama manusia. Selain itu penggalangan dana ini melibatkan seluruh mahasiswa Universitas Lampung (Unila)  dan dosen-dosen FMIPA Unila, serta juga masyarakat yang turut membantu dalam kegiatan ini karena penggalangan dana juga akan dilakukan di sekitar Bundaran Gajah Bandarlampung. (Irsan/Rudi/Ulfatun)

Related

Berita Kampus 1357372724200049958

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item