HIMBIO Gelar PKSDA XVII

Dengan mengusung tema “Save Me, Langkah Awal Mengubah Dunia” Himpunan Mahasiswa Biologi (Himbio) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Al...


Dengan mengusung tema “Save Me, Langkah Awal Mengubah Dunia” Himpunan Mahasiswa Biologi (Himbio) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung (FMIPA Unila) menggelar PKSDA (Pekan Konservasi Sumber Daya Alam) ke-17.

Menurut Aviy Rishadiyanta (Biologi 2011) selaku Ketua Pelaksana, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan manfaat bagi binatang yang dikonservasi agar keberadaannya lebih dikenal oleh masyarakat umum. Selain itu, juga untuk meminimalisir kepunahan sehingga masyarakat dapat membantu melestarikan keberadaan hewan-hewan konservasi tersebut.

Acara yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya sejak 17 tahun terakhir ini akan berlangsung (8-14/4) mendatang. Bertepatan dengan Tahun Badak Internasional, PKSDA tahun ini mengusung Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) sebagai hewan konservasi. Selain itu,  ada Harimau Sumatera (Pantherat tigris sumatrae) dan Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatrensis) yang juga dijadikan hewan konservasi.

Rangkaian acara dalam PKSDA ini diantaranya Aksi Lingkungan pada 8-9 April 2013, dengan agenda dialog konservasi Badak Sumatera, jungle track, go green, dan melihat konservasi Badak secara langsung di Taman Nasional Way Kambas. PKSDA tahun ini juga melibatkan beberapa instansi konservasi, komunitas pelestari lingkungan, dan komunitas pecinta lingkungan.

Selain itu, terdapat pula Lomba Fotografi Konservasi Nasional, Lomba Musik Konservasi Akustik dan Lomba Kabaret Konservasi untuk pelajar dan umum tingkat provinsi. Sedangkan Lomba Menggambar dan Mewarnai tingkat provinsi ditujukan untuk TK dan SD. Acara ini juga akan dimeriahkan dengan Pameran Bazar Konservasi dan Seminar Nasional Konservasi serta Fun Bikedan acara intern Himbio Lekat Alumni. Rangkaian acara ini sebagian besar dilaksanakan di lingkungan FMIPA Universitas Lampung dan Tugu Adipura.

“Sejauh ini antusiasme dari peserta cukup baik, terbukti dengan banyaknya kalangan yang berminat mengikuti rangkaian acara PKSDA ini. Harapan kami untuk kedepannya agar program kerja Himbio bidang konservasi dapat tetap berjalan lancar,” ujar Aviy mengakhiri wawancara, Jumat (16/3).

Related

Berita Kampus 8929744042998984098

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item