Himafi Adakan Workshop Karya Tulis Ilmiah

Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafi) Fakultas Matematika dan Ilmu Pngetahuan Alam Universitas Lampung (FMIPA Unila) mengadakan Workshop Karya ...

Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafi) Fakultas Matematika dan Ilmu Pngetahuan Alam Universitas Lampung (FMIPA Unila) mengadakan Workshop Karya Tulis Ilmiah (WKTI), Sabtu(28/9). WKTI merupakan acara yang memberikan pengetahuan bagi mahasiswa baru tentang cara penulisan karya tulis ilmiah yang baik dan benar.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa baru ini diisi dengan penyampaian tiga materi. Materi yang pertama yaitu menemukan ide  yang disampaikan oleh Dr. Warsito, D.E.A., Dosen Jurusan Fisika. Materi yang kedua tentang penulisan karya tulis ilmiah yang baik dan benar oleh Harjono (Fisika ’09). Dan materi yang ketiga  tentang tata cara presentasi yang disampaikan oleh Febry Hasibuan (Fisika ’08).

Kegiatan ini bertujuan mengajak mahasiswa baru untuk membuat proposal kegiatan yang akan diikutsertakan di kegiatan PKM.  “Mahasiswa baru nantinya akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan akan dibimbing oleh mahasiswa tingkat atas yang telah mempunyai pengalaman dalam PKM dan penelitian,” ujar Fahad Almafakir selaku Ketua Umum Himafi.

Selain itu acara WKTI ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum tentang skripsi. “Acara ini sangat bagus untuk kami karena dengan acara ini kami terbantu untuk melatih jiwa scientis dan mencari ide untuk penelitian,” ujar Suci Pangestuti (Fisika ’13, salah satu peserta WKTI.

WKTI ini sendiri adalah program kerja wajib bidang Sains dan Teknologi Himafi yang diselenggarakan tiap tahunnya. Fahad mengatakan bahwa tahun lalu peserta tidak diikutsertakan dalam PKM, tetapi hanya membuat karya tulis dan alat saja. Sedangkan untuk tahun ini mahasiswa baru beserta mahasiswa Jurusan Fisika angkatan 2011 dan 2012 harus mengikuti PKM dan mengumpulkan minimal 30 karya tulis.

Tindak lanjut dari acara yang bertemakan “Science Can Make Human Life Better” ini yaitu dengan diadakannya presentasi karya ilmiah pada Sabtu-Minggu (12-13/10) nanti. Presentasi dilakukan dihadapan dosen dan akan menilai karya tulis mereka.


Muhammad Ikbal selaku ketua pelaksana berharap dari acara ini  terutama untuk mahasiswa baru agar mampu untuk membuat karya tulis ilmiah yang baik dan benar sehingga tidak kebingungan lagi untuk membuat karya tulis ilmiah bila diberi tugas oleh dosen. Selain itu juga untuk mahasiswa tingkat atas agar dapat mengingat kembali tentang karya tulis ilmiah yang baik dan yang benar. (Rio)

Related

Berita Kampus 2948872338248920821

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item