Himaki Ajak Maba Kenali Jurusan Kimia Melalui OPJ

Mengusung tema “Bersama Himaki, Kita Semai Rasa Bangga Terhadap Kimia”, Himpunan Mahasiswa Kimia (Himaki) Fakultas Matematika dan Ilmu Pen...

Mengusung tema “Bersama Himaki, Kita Semai Rasa Bangga Terhadap Kimia”, Himpunan Mahasiswa Kimia (Himaki) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung (FMIPA Unila) kembali mengadakan agenda tahunan Orientasi Profesionalisme Jurusan (OPJ). Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari (4-5/9) ini diikuti oleh 91 peserta mahasiswa baru angkatan 2013.

Menurut Siti Aisyah selaku sekretaris koordinator acara, kegiatan ini bertujuan agar peserta dapat mengenal lebih dalam seluk beluk Jurusan Kimia FMIPA Unila. Selain itu, mahasiswa baru juga dibekali penjelasan terkait semua lingkup kimia yang dapat menyokong proses belajar. “Tidak hanya dosen dan materi perkuliahan yang akan mereka dapat, tetapi juga prospek ke depan, tempat perkuliahan, kakak tingkat, dan organisasi,” terang Aisyah (Kimia ’12).

OPJ ini diisi dengan dua materi. Materi pertama mengenai Ikahimki (Ikatan Mahasiswa Kimia Indonesia) yang disampaikan oleh Agung Suprianto (Kimia ’10). Ketua umum Himaki periode 2012-2013 ini menjelaskan bahwa Ikahimki merupakan organisasi mahasiswa kimia tingkat nasional yang digunakan sebagai wadah untuk saling bertukar informasi antar sesama mahasiswa kimia di Indonesia. Materi kedua mengenai format penulisan laporan praktikum. Hanif Amrullah ZA (Kimia ’10) selaku pemateri menyampaikan bahwa di Jurusan Kimia mahasiswa tidak hanya belajar klasikal di kelas tetapi juga praktikum, sehingga mahasiswa dituntut untuk dapat membuat laporan.

Selain itu, acara ini juga diisi dengan serangkain kegiatan lainnya seperti games, hiburan, motivasi, pengenalan kakak tingkat, kunjungan laboratorium, praktikum secara langsung serta mempresentasikan hasil praktikum dari masing-masing kelompok yang sudah ditentukan sebelumnya.

Lulu Nurrahim (Kimia ’13) mengaku senang mengikuti OPJ ini. Menurutnya banyak manfaat yang bisa didapat. “Saya bisa lebih akrab dengan teman-teman, kenal kakak tingkat, dosen, dan tahu lebih banyak cara membuat laporan praktikum,” ungkapnya saat diwawancarai, Kamis (5/9).

Diakui oleh Aisyah, sering terlambatnya peserta datang ke lokasi membuat waktu acara menjadi kurang efisien. Mahasiswi semester tiga ini berharap ke depannya program kerja Himaki ini dapat berjalan dengan lancar dan lebih baik lagi. (Ulfatun)

Related

Berita Kampus 6930892145722984440

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item