Mahasiswa Bukan Hanya Gelar

Pimpinan Umum Natural Sepria Herdyansah "Mahasiswa”, sebuah gelar prestisius yang bergengsi untuk kalangan pelajar dan mendapat pengaku...

Pimpinan Umum Natural
Sepria Herdyansah
"Mahasiswa”, sebuah gelar prestisius yang bergengsi untuk kalangan pelajar dan mendapat pengakuan yang baik menurut sudut pandang masyarakat umum. 

Kebanyakan masyarakat beranggapan mahasiswa itu adalah seseorang yang multi-talented. Mahasiswa itu serba bisa, bisa ini dan itu. Seperti khalayak pikirkan tentang mahasiswa yang serba bisa, begitu banyak harapan disematkan kepada mereka, generasi yang diharapkan membawa perubahan lebih baik seperti halnya salah satu fungsi mahasiswa yaitu sebagai agent of change.

Para penyandang gelar mahasiswa boleh berbangga karena telah menjadi yang terpilih dari sekian banyak siswa yang telah berusaha untuk menjadi mahasiswa. Entah bagaimana mereka memaknai gelar itu sebelum menjadi mahasiswa, tapi yang jelas mahasiswa itu harus kritis, peka, dan solutif. Kita harus memaknai gelar mahasiswa dengan sesuatu yang bisa memacu kita.

Semua orang bisa menjadi seperti apa yang mereka inginkan asalkan dengan nawaitu dan ikhtiar, tidak hanya sebatas mahasiswa. Khalayak beranggapan mahasiswa itu serba bisa, karena mahasiswa mempunyai kesempatan lebih besar dibandingkan lainnya. Ya, bedanya hanya pada kesempatan saja. Mereka mempunyai fasilitas, fasilitator, dan lingkungan yang mumpuni untuk menjadi seperti yang mereka inginkan.

Mahasiswa bukan hanya sekedar sebuah fase belaka yang harus ditempuh untuk mendapat gelar sarjana demi memperoleh suatu pekerjaan layak. Pada fase inilah kesempatan kita untuk memperoleh segudang ilmu dan pengalaman. Organisator, pembicara, ataupun konseptor bisa dikuasai seperti halnya seorang master, asalkan kita mau dan memiliki komitmen kuat untuk bisa. Kita bisa menguatkan dan melebarkan eksistensi kita. Dan itu bisa kita dapatkan dalam organisasi. Tujuan dan komitmen, itulah kunci untuk menentukan hasil yang maksimal atau tidak.

Dalam keseharian di kampus bisa kita lirik bersama. Ada beberapa tipe mahasiswa, yaitu mahasiswa berkecimpung dalam akademik saja, biasanya mereka ber-IPK tinggi. Ada yang suka berorganisasi saja, biasanya orang yang mumpuni dan eksis di organisasi akan tetapi berbanding terbalik dengan akademiknya. Ada yang seimbang antara keduanya, inilah yang menjadi mangsa dan incaran kita pastinya. Mungkin mereka memiliki pandangan dan penilaian masing-masing terhadap keseharian yang mereka pilih. Dari situ kita bisa menilai cara mereka memaknai gelar mahasiswa mereka. 

Mungkin diantara mereka yang enggan beroganisasi ada yang beralasan karena organisasi, akademik bisa menurun. Itu hanyalah sebuah pelarian karena mereka tidak mampu memanajemen waktu mereka dengan baik. Ada juga yang tidak bisa bertahan karena merasa tertekan dalam atmosfir keorganisasian. Ya, karena sejak awal memang dibutuhkan komitmen kuat. Mau lanjut ke level berikutnya tanpa kesulitan? dalam games pun tidak ada yang seperti itu. Senang atau tidak, terbebani atau tidak, silakan tentukan sendiri. Akan terasa menyenangkan kalau kita menganggapnya menyenangkan, atau melelahkan jika beranggapan tidak ada manfaat. Yang jelas organisasi itu penting, karena disinilah akan kita temukan berbagai macam konflik yang akan berguna sebagai pengalaman dan juga disinilah kesempatan bagi kita membangun relasi. Rasakan manfaatnya ketika sampai di penghujung nanti.

Hidup ini adalah pilihan. Setiap pilihan menentukan output kita nantinya. Pilihlah kesibukan yang bermanfaat. Optimalkan anugerah kecerdesan dan kemampuan yang kita miliki, sehingga bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan semuanya.

Sepakat dengan ucapan seorang teman dengan gaya bahasa uniknya yang menyenangkan. Saya lupa dia mengutip dari mana, dia mengatakan bahwa dunia ini dalam keadaan bahaya bukan karena penjahat, melainkan karena orang-orang apatis. Sebagai contoh, ada seseorang melihat tindak kriminal, tetapi hanya diam saja melihatnya.

Sebaik-baiknya orang adalah orang yang berguna bagi orang lain. Mahasiswa haruslah seperti itu, berguna bagi bangsa dan negara.

Salam Pers! Hidup Mahasiswa!

Related

Berita Kampus 941897933578264985

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item