Propti FMIPA tanpa Perpeloncoan

Natural/Novia Setelah tiga hari mengikuti Program Orientasi Perguruan Tinggi (Propti) Universitas di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Lam...

Natural/Novia
Setelah tiga hari mengikuti Program Orientasi Perguruan Tinggi (Propti) Universitas di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Lampung (Unila), kini mahasiswa baru kembali menjalani orientasi di tingkat fakultas.

Propti fakultas pada Kamis (29/8) lalu menjadi salah satu rangkaian acara rutin tiap tahun untuk mahasiswa baru sebagai orientasi perkenalan antar mahasiswa Tepat pukul tujuh tiga puluh pagi mahasiswa baru membanjiri halaman Gedung Fasilitas Bersama (GFB). 

Seruan “Hidup Mahasiswa” pun terlontar penuh semangat, serta pakaian hitam putih dan almamater hijau yang mereka kenakan membuat Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) lebih hidup “Selamat datang mahasiswa baru 2013 selamat berjuang semoga menjadi mahasiswa berprestasi,” sambut Hapin, wakil gubernur yang sempat kami temui Kamis (29/8).

Muhammad Nurtanio yang biasa disapa Tio mengungkapkan banyak mahasiswa baru yang datang lewat dari waktu yang ditentukan, rambut yang tidak dipotong 1 cm, nametag tidak di-laminating serta sebab lainnya. Namun, kebijakan hukuman yang diberikan dapat dikatakan lebih dari lima puluh persen dimaafkan asal jangan diulangi kembali.

Tidak diizinkannya perpeloncoan di FMIPA ini guna membangun mahasiswa yang berkarakter. Vandu Riski Muwisnawangsa, mahasiswa baru Ilmu Komputer saat diwawancarai Kamis (29/8) mengungkapkan kelegaannya bahwa Propti di Fakultas MIPA tidak separah dengan fakultas lain.

Banyak mahasiswa baru yang bersyukur Propti FMIPA tidak neko-neko hingga hari kedua. Aman dan damai itulah yang dirasakan mahasiswa baru. ”Sibuk, capek, pulangnya sore, tapi asik plus senang,” ungkap maba Jurusan Biologi yang tak ingin disebut namanya.

“Tidak akan ada kekerasan atau perpeloncoan Propti tingkat fakultas serta jurusan,” ujar Prof. Suharso, Ph.D. selaku dekan FMIPA.

Hari kedua Propti fakultas Jumat (30/8) tetap berlangsung di GFB. Walau lelah hari pertama Propti masih melekat, mahasiswa baru tetap semangat dan menyimak pengenalan lembaga-lembaga kemahasiswaan di FMIPA yaitu Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Rohani Islam (Rois), Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Natural, dan Klub Selam Anemon. 

Tak lama waktu berselang, dua hari menandakan Propti tingkat fakultas telah usai dan dilanjutkan oleh pengenalan jurusan masing-masing. Hal itu membuat bertambahnya semangat mahasiswa baru menuntut ilmu dan mengikuti aturan-aturan yang ditetapkan oleh FMIPA. 

“Teruslah belajar di FMIPA, ini langkah awal beradaptasi dengan baik bagi diri masing-masing,” tutur Irkham Bariklana selaku Ketua Pelaksana PMBF (Penerimaan Mahasiswa Baru Fakultas) MIPA Unila. (Isna/Lina)

Related

Berita Kampus 7572300477148057666

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item