Maksimalkan Fungsi Lahan Parkir FMIPA

Rabu (21/11) sore lalu, terlihat sekumpulan mahasiswa duduk lesehan di area lahan parkir membentuk lingkaran. Mereka memanfaatkan lahan par...

Rabu (21/11) sore lalu,terlihat sekumpulan mahasiswa duduk lesehan di area lahan parkir membentuk lingkaran. Mereka memanfaatkan lahan parkir yang belum lama dibuat oleh pihak Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung (FMIPA Unila). Lahan parkir yang berlokasi dekat pelataran Gedung Kesekretariatan  FMIPA ini memang acap kali digunakan sebagai lokasi untuk berdiskusi oleh mahasiswa.

Prof. Suharso, Phd. selaku dekan FMIPA mengatakan beberapa pohon memang sengaja dibiarkan tetap tumbuh disana agar tetap menjadi tempat yang nyaman. "Sengaja pohon-pohon disana tidak 'dibuang' semua, biar tetap nyaman untuk mahasiswa yang ingin belajar sembari duduk lesehan," ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (21/11) lalu.

Keberadaan lahan parkir memang sangat penting bagi mahasiswa FMIPA. Khususnya yang memiliki kendaraan bermotor. Menurut Suharso, pembukaan lahan parkir ini ditujukan untuk meningkatkan fasilitas  pelayanan infrastruktur bagi mahasiswa. Hal senada juga disampaikan oleh Hapin Afriani (Kimia ’10), Wakil Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FMIPA. Menurutnya lahan parkir sangat penting bagi mahasiswa yang membawa kendaraan agar mereka tidak parkir sembarangan dan was-was akan kendaraan mereka saat menjalani perkuliahan di kelas.

Meskipun pembuatan  lahan parkir ini telah selesai sejak beberapa bulan yang lalu, namun sampai saat ini belum terlihat barisan kendaraan bermotor yang parkir disana. Menurut Hapin, tidak adanya sosialisasi bagi para mahasiswa menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Kami sudah menyediakan fasilitas, tinggal kalian (hahasiswa) yang mengisinya dan memanfaatkannya," terang Suharso. Dia juga menambahkan agar mahasiswa yang ada di lembaga kemahasiswaan ikut mengajak dan memulai penggunaan lahan parkir tersebutsebelum peraturan diturunkan.

Dalam wawancaranya, Suharso juga mengatakan, peningkatan keamanan lahan parkir akan terus dilakukan. Mengingat masih kurangnya petugas keamanan di lingkungan FMIPA. “Mungkin nanti akan diberlakukan penggunaan stiker khusus atau harus menunjukkan STNK bagi mahasiswa yang parkir, dan bagi orang luar akan dikenakan biaya,” jelas Suharso diakhir wawancara. (Nafi/Shela/Fajar)

Related

Berita Kampus 2206761492844755608

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item