Peserta OSN-PTI Meningkat 45%

Pertamina kembali menjadi penyelenggara Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Indonesia (OSN-PTI) bersama Universitas Indonesia yang su...



Pertamina kembali menjadi penyelenggara Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Indonesia (OSN-PTI) bersama Universitas Indonesia yang sudah dua tahun ini menjadi sekertariat olimpiade ini dan Universitas Lampung menjadi tempat penyelenggaraan seleksi teori pada 27 November lalu.

Pada tahun sebelumya peserta yang mengikuti harus sudah duduk disemester tiga namun pada tahun ini mahasiswa baru semester satu sudah bisa mengikuti. Hal ini merupakan kebijakan yang berlaku untuk mahasiswa D3 atau S1 Perguruan Tinggi Negeri ataupun Swasta yang sudah ditentukan oleh kesertariatan dan badan yang menyelenggarakan.

Dibandingkan tahun lalu, tahun 2013 ini peserta OSN-PTI meningkat 45%. Hal ini menujukkan bahwa antusias mahasiswa semakin meningkat untuk mengembangkan kemampuannya melalui olimpiade ini.

Bisa dilihat bahwa ditahun 2012 jumlah peserta yang terdaftar adalah 562 peserta sedangkan pada tahun 2013 jumlah peserta yang terdaftar adalah 1030 peserta kategori teori yang terbagi menjadi 4 bidang yaitu, Bidang Matematika 323 peserta, Bidang Fisika 195 peserta, Bidang Kimia 223 peserta,dan Bidang Biologi 289.

OSN-PTI terbagi menjadi beberapa kategori, Teori dengan 1030 peserta, Aplikasi Lunak berjumlah 6 peserta, Sains Project 15 peserta, Rancang Bangunan 6 Peserta, dan Peserta Produk Research 6 Peserta.

Drs.Tugiono, M.Si., Ph.D., ketika diwawancarai, (20/11) lalu mengatakan bahwa untuk juara 1 tingkat provinsi di tahun sebelumnya tidak boleh mengikuti olimpiade ini namun untuk juara 2 dan 3 diperbolehkan dan hal ini sudah menjadi peraturan yang telah ditentukan oleh badan pelaksana. Pembntu dekan III FMIPA ini juga menambahkan bahwa hadiah untuk juara 1 kategori teori akan mendapatakan uang Rp6 juta, juara 2 Rp4,5 juta dan juara 3 Rp2,5 juta. (Indy,Anita,Sintia)

Related

Agenda 135161381677959244

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item