Reza Kembangkan PCLinuxOS Berbasis Multimedia

Belum lama berselang, tepatnya 1 April 2013 lalu, PCLinuxOS dikembangkan oleh Reza Rafsanjani, Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Penge...


Belum lama berselang, tepatnya 1 April 2013 lalu, PCLinuxOS dikembangkan oleh Reza Rafsanjani, Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung (FMIPA Unila) Program Studi Manajemen Informatika angkatan 2010. Reza mengembangkan aplikasi berbasis multimedia dalam PCLinuxOS Karena dalam PCLinuxOS ini tidak ada aplikasi multimedia berbasis editing audio video sehingga ia berinisiatif untuk mengembangkan dan mengubah software di dalamnya.

Nama “Linux” berasal dari nama pembuatnya yang dikenal pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Reza juga menjelaskan bahwa Linux merupakan sistem operasi yang berbasis open source yang bersifat bebas untuk mengubah software di dalamnya. Menurutnya, walaupun Linux belum banyak digunakan oleh masyarakat luas namun linux mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan sistem operasi lainnya. Kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

“Remastering Dekstop Editing Audio Video Berbasis Distribusi Linux PCLinuxOS” merupakan judul tugas akhir yang digunakan oleh Reza. Dari judul  tersebut dapat dirangkum menjadi satu makna yaitu membangun atau mengembangkan sebuah sistem dari sistem operasi yang sudah ada dan menambahkan aplikasi multimedia audio video menjadi satu software di dalam Linux PC LinuxOS.

Reza menambahkan bahwa dalam PCLinuxOS ini sistem tidak hanya ada software yang mengarah pada multimedia, namun pengembang dapat menambahkan software yang lain di dalamnya untuk memperlengkap sistem operasi yang dikembangkan.Menurut wisudawan periode September 2013 ini ada beberapa tahapan yang dilakukan sebelum sistem operasi ini berubah menjadi sistem operasi berbasis multimedia yang diinginkan.

Pengembangan yang dilakukan Reza diawali dengan mengganti  logo, boot screen, panel desktop, dan flashscreen menjadi sesuai keinginan user atau pengembang sistem. Setelah tampilan utama telah disesuaikan dapat mengubah tampilan nama desktop menjadi Optimus OS (nama diambil sesuai keinginan). 

Setelah itu, hal yang dapat dilakukan adalah menambahkan software lain untuk pergantian Kernel atau yang biasa disebut Driver yaitu memasukan software dan dilanjutkan dengan memasukan media instal. Setelah media instal dimasukan, Reza mengonfigurasi boot loader sehingga sistem operasi yang dijalankan dapat di-booting. Selanjutnya  dibuat menjadi satu ISO (International Organization for Standardization). Jika telah dijadikan dalam ISO sistem operasi yang telah menjadi Optimus OSdapat di instal dan digunakan.

Untuk dapat mengembangkan sistem operasi PCLinuxOS ini tidak harus bisa dituntut untuk ahli dalam bahasa pemprograman, kata Reza. PCLinuxOS ini hanya sedikit menggunakan bahasa pemprograman sehingga dapat memperpermudah  pengembangan dari sistem sebelumnya. Hanya ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mengubah sistem PCLinuxOS yaitu menguasai linux dan terbiasa menggunakan terminal atau dalam sistem lain dapat disebut CMD (Command). Isna

Related

Berita Sains 3330617376745026481

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item