Himatika Gelar Seminar Nasional untuk Indonesia Bebas Korupsi

Foto dok. Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika (Himatika) mengadakan Seminar Nasional pada Minggu (16/03) lalu. Seminar yang mengusung tema...


Foto dok.
Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika (Himatika) mengadakan Seminar Nasional pada Minggu (16/03) lalu. Seminar yang mengusung tema “Matematika Untuk Indonesia Bebas Korupsi” seminar ini diadakan di Gedung Ernawan Khua Jukhai Pahoman, Bandar Lampung.

Menurut Joko Rudianto, Ketua Pelaksana Dinamika XV, seminar ini diadakan untuk memperkenalkan Himatika kepada masyarakat luas dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat bahwa matematika tidak hanya sebatas teori berhitung saja, tetapi juga sudah banyak diterapkan disegala bidang. Selain itu matematika juga mempunyai andil dan peran yang sangat penting dalam penyelesaian masalah tentang korupsi. Seminar ini dihadiri  120 peserta yang didominasi oleh kalangan mahasiswa yang berasal dari dalam dan luar Lampung seperti Palembang dan Bogor.

Seminar ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Bandar Lampung Drs. Sukarma Wijaya, Litbang Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Republik Indonesia, Prof. Dr. H. Zulkardi, M.I.Komp (Wakil presiden 2 Indonesia Mathematical Society M.Sc,) dan Drs. Mustofa Usman, M.A., Ph.D (Statistikawan Universitas lampung) serta dimeriahkan dengan penampilan magic show oleh Joe Sandy.

Anwar Huda selaku koordinator acara menambahkan bahwa terdapat beberapa kendala dalam seminar diantaranya belum jelasnya waktu kedatangan pemateri dari Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Republik Indonesia. Selain itu, banyak peserta yang kurang mengetahui tentang lokasi seminar karena diadakan di luar Unila.

Menurut Jayanti Puspitasari, salah satu peserta, seminarnya sangat menarik. Banyak ilmu yang didapat seperti bagaimana Matematika bisa mengatasi masalah korupsi dan sangat banyak aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari, ditambah lagi dengan penampilan dari Joe Sandy yang terkenal sebagai master of number, sehingga membuka pikiran kita tentang science yang dulu sempat dianggap menjadi momok.

“Dari terlaksananya seminar ini, masyarakat menjadi tahu kalau Matematika itu sebenarnya sangat bermanfaat sekali,” ungkap Joko mengakhiri wawancara, Senin (17/3).

Related

Berita Kampus 7263129913856536028

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item