Lulusan FMIPA, Harus Mampu Buka Lapangan Kerja

 Oleh Anisa Rahmawati Tak dapat dipungkiri kehidupan perkuliahan merupakan jembatan menuju dunia kerja di masa depan. Setiap jurusan yang di...

 Oleh Anisa Rahmawati


Tak dapat dipungkiri kehidupan perkuliahan merupakan jembatan menuju dunia kerja di masa depan. Setiap jurusan yang digeluti di masa kuliah mempunyai pengaruh terhadap profesi kerja seseorang. Termasuk jurusan yang ada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam Universitas Lampung (FMIPA Unila).

Dekan FMIPA Unila, Prof. Suharso, Ph.D. mengatakan bahwa persentase mahasiswa yang bekerja sesuai bidang ilmu di FMIPA belum diketahui. Namun, cakupan bidang ilmu MIPA sangatlah luas, tidak hanya menjadi pegawai negeri, pegawai swasta pun bisa.

“Saya berharap lulusan FMIPA Unila mampu membuka usaha sendiri seperti menjadi seorang pengusaha, sehingga para lulusan mampu membuka lapangan pekerjaan baru,” ujar Suharso ketika diwawancarai, Selasa (18/3).

Ia menambahkan bahwa pekerjaan untuk lulusan MIPA memiliki peluang yang cukup besar dalam segala bidang pekerjaan.

Contohnya saja lulusan kimia dapat berwirausaha dengan menjadi penyedia alat-alat kesehatan, obat-obatan, dan sebagainya. Selain itu, mahasiswa tidak boleh hanya bergantung kepada dosen, mahasiswa harus lebih pintar dibanding dosennya yang bisa mengekplorasi minat dan bakat yang dimilikinya dengan berbagai inovasi.

Dengan diberikannya mata kuliah kewirausahaan, Dosen Jurusan Kimia ini berharap agar mahasiswa dapat membuka cakrawala berpikir dalam berwirausaha. Serta dapat menjadikan mahasiswa dapat berpikir luas menjadi seorang pengusaha.

Related

Berita Kampus 2732974234484784571

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item