Perayaan Bersama Agenda HMJ Tidak Terealisasi

Oleh Cinkia Eagseli Ewys dan Sella Malinda T. FMIPA - Februari-Mei menjadi bulan penuh kegiatan besar dari kelima Himpunan Mahasiswa Jurusan...

Oleh Cinkia Eagseli Ewys dan Sella Malinda T.


FMIPA - Februari-Mei menjadi bulan penuh kegiatan besar dari kelima Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) di FMIPA Unila tiap tahunnya. Beragam kegiatan dari dies natalis jurusan hingga beberapa kegiatan nasional bergilir meramaikan lingkungan fakultas.  Hal ini memicu adanya wacana penyatuan kegiatan HMJ FMIPA.

Ahmad Khairuddin Syam selaku Gubernur BEM FMIPA mengatakan bahwa saat pergantian gubernur BEM tahun lalu, sempat keluar wacana mengenai perayaan tahunan HMJ yang diadakan secara bersamaan. Bahkan Ahmad sempat mengajak seluruh ketua HMJ untuk merapatkan hal tersebut.
Ketika diwawancarai, Selasa (18/3), Ahmad mengatakan bahwa tujuan dari rencana penyatuan acara tiap HMJ ini tak lain untuk membentuk solidaritas.

Tetapi menurut Ahmad, tak akan ada efek yang besar jika kegiatan HMJ dijadikan satu karena semua himpunan mempunyai semangat yang besar. Selain itu, melihat keadaan saat ini, akan lebih progress ketika himpunan mahasiswa memiliki agenda masing-masing.

“Dengan begitu kita bisa menilai integritas dan kualitas dari himpunannya,” ujar Ahmad.

Menurut Joko Rudianto, ketua pelaksana Dies Natalis Matematika (DINAMIKA) XV, hal ini sangat sulit terwujud dikarenakan lemahnya koordinasi antara HMJ dan BEM, sehingga belum terlaksana pada tahun ini. “Saya berharap, ada yang mengkoordinasikan ini semua dengan HMJ agar terlaksana,” ungkapnya. 

Acara tahunan masing-masing HMJ dimulai dari Himpunan Mahasiswa Kimia (Himaki) pada akhir Februari lalu, yaitu dengan acara Olimpiade Kimia, Lomba Mading, LCT, Manajemen Laboratorium, LKIR, Bazar, Chemistry Care dan acara puncak yaitu Gebyar. Dilanjutkan dengan Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) yang dimulai awal Maret lalu.

Rangkaian acara yang diberi nama DINAMIKA XV itu antara lain Olimpiade Matematika, Lomba Mewarnai, Pelatihan Guru Pendamping, LCCM, Bazar dan acara puncaknya yaitu Seminar Nasional yang diadakan di gedung EKJ Pahoman.

Acara yang akan mendatang yaitu dari Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafi) dengan FIESTA yang dimulai pada 4 -26 April. Himpunan Mahasiswa Biologi (Himbio) dengan PKSDA yang dimulai pada tanggal 21-27 April. Dan yang terakhir yaitu PRJ II dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer (Himakom) pada 19 April-4 Mei mendatang.

Related

Berita Kampus 867444759470174946

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item