8 Mahasiswa FMIPA Unila Ikuti KKN Kebangsaan di Kalimantan Barat

[Fmipa.unila.ac.id] : Tahun 2014 merupakan kali kedua Universitas Lampung (Unila) mengirimkan mahasiswanya dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyat...

[Fmipa.unila.ac.id] : Tahun 2014 merupakan kali kedua Universitas Lampung (Unila) mengirimkan mahasiswanya dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan yang di selenggarakan oleh Badan Koordinasi (BKS) PTN-Barat. Untuk tahun ini sebanyak 9 mahasiswa Unila mengikuti KKN kebangsaan di Kalimantan Barat setelah sebelumnya pada tahun 2013 lalu, Unila mengirimkan 2 mahasiswanya pada KKN kebangsaan di  Aceh.
KKN kebangsaan tahun 2014 ini dilaksanakan pada 7 Agustus dan akan berakhir pada 17 September 2014. Lokasi yang dipilih adalah lokasi yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia yakni Kabupaten Sanggau, Bengkayang dan Sambas.
Budi Harjo selaku sekretaris tim KKN Unila mengatakan bahwasanya tujuan dari KKN kebangsaan ini adalah membangun rasa nasionalisme karena mahasiswa dalam KKN kebangsaan ini berasal dari seluruh PTN di Indonesia dengan latar belakang berbeda yakni beda suku, beda bidang studi dan beda karakter. Dengan begitu maka diharapkan muncul rasa nasionalisme.
Selain itu juga diharapkan mahasiswa bisa mengembangkan potensi-potensi yang ada seperti ekonomi, sosial dan budaya di daerah perbatasan dengan daerah lain, ujar Budi Harjo ketika ditemui di sekretariat KKN Unila, Jumat (15/8).
Ia berharap melalui KKN, mahasiswa bisa memanfaatkan moment ini untuk belajar lebih baik lagi, untuk betul-betul mencari pengalaman, belajar menjadi pemimpin, belajar disiplin dan belajar mandiri, sehingga setelah KKN mahasiswa mengerti kondisi sosial masyarakat Indonesia dan memiliki rasa empati atau kepedulian antar sesama.
Dari 9 mahasiswa Unila yang mengikuti KKN kebangsaan tahun ini, 8 diantaranya merupakan mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan 1 dari Fakultas Teknik.
Salah satu mahasiswa KKN kebangsaan 2014 dari FMIPA Unila, Umi Fadilah mengungkapkan syukur atas pengalaman dan kesempatan yang ia dapatkan yakni bisa mengikuti KKN di Kalimantan Barat. Ia merasa senang karena bisa bertemu dengan banyak mahasiswa lain dari seluruh Universitas di Indonesia.
Seluruh mahasiswa KKN kebangsaan 2014 berjumlah 545 mahasiswa yang berasal dari 34 Universitas di Indonesia”, ujar Umi ketika dihubungi melalui telepon selularnya pada Selasa (19/8).

Related

Berita Kampus 2382413379901037894

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item