Unila Gelar Masa Ospek untuk Mahasiswa Baru 2014

Sumber : Teknokra.com [Unila.ac.id] : Universitas Lampung (Unila) menggelar Program Orientasi Akademik dan Ekstrakurikuler (POAE) sebagai t...

Sumber : Teknokra.com
[Unila.ac.id] : Universitas Lampung (Unila) menggelar Program Orientasi Akademik dan Ekstrakurikuler (POAE) sebagai tradisi akademik bagi 6.233 mahasiswa baru tahun akademik 2014/2015, kemarin, Selasa (26/8). Penyelenggaraan program POAE didasarkan atas Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 038/DT/1999 Tentang Tata Cara Penerimaan Mahasiswa Baru di Perguruan Tinggi.
Penyelenggaraan POAE ini akan dilangsungkan selama empat hari, hingga 29 Agustus 2014. Kegiatan juga diisi kuliah umum (studium general) oleh Kapolda Lampung Brigjen. Pol. Heru winarko tentang “Peran Mahasiswa dalam Pengendalian Keamanan Lingkungan dan Penangkalan Ideologi Terlarang”.
Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P., saat menyampaikan laporan panitia mengatakan, Unila memanggil 6.457 calon mahasiswa baru yang diseleksi melalui tujuh jalur masuk. Namun berdasarkan data pada Subbagian Registrasi BAAK Unila hingga 25 Agustus lalu, calon mahasiswa baru yang melakukan registrasi sebanyak 6.233 orang yang tersebar pada delapan fakultas.
Penyeleksian mahasiswa baru sudah dilakukan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 1.671 orang, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebanyak 2.309 orang, Kemitraan 59 orang, Kelas Paralel sebanyak 274 orang, Kelas Mandiri sebanyak 854 orang, Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan (PMPAP) 193 orang, Penerimaan Masuk Program Diploma (PMPD) sebanyak 861 orang, dan Afirmasi Putra Papua sebanyak 12 orang.
Dalam sambutannya Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Harianto, M.S., mengatakan, program orientasi merupakan salah satu bentuk kegiatan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi maka sesuai PP 60 Tahun 1999 Bab 11 pasal 2 ayat 2 berpedoman pada tujuan pendidikan nasional, kaidah, moral, etika ilmu pengetahuan, kepentingan masyarakat, memperhatikan minat, kemampuan, dan prakarsa pribadi.
Sasaran yang ingin dicapai dengan kegiatan ini adalah mahasiswa memahami dan menyadari hak dan kewajiban sebagai anggota civitas akademika dan peserta didik di Unila, termasuk hal menolak perpeloncoan. Mahasiswa dapat mengenal unsur-unsur di Unila dan memahami mekanisme kerjanya juga cara dan sumber belajar di Unila. Sekaligus, kata dia, mahasiswa dapat mengenal dan memahami statuta, peraturan, dan pedoman di Unila agar dapat mempergunakannya.
Dalam masa orientasi peserta diberikan beberapa materi di antaranya PP Nomor 60 Tentang Pendidikan Tinggi khususnya implementasi kebebasan akademik dan kebebasan mimbar akademik. Kemudian unsur-unsur organisasi Unila dan mekanisme kerja, khususnya sistem adaministrasi akademik. Cara belajar dan sumber belajar di Unila lebih khusus dikenalkan pada perpustakaan Unila, tes awal Bahasa Inggris (EPT) dan latihan menggunakan SIAKAD online termasuk mengisikan biodata ke dalam data dasar Unila.

Related

Berita Kampus 1774046033097520699

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item