Klub Selam Anemon Lakukan Pembersihan Laut di Teluk Pengantin

Salah satu peserta snorkling sedang melakukan pembersihan laut, (27/2) Jumat - Minggu (27/2-1/3), Klub selam Anemon Fakultas Matematika dan ...

Salah satu peserta snorkling sedang melakukan pembersihan laut, (27/2)
Jumat - Minggu (27/2-1/3), Klub selam Anemon Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung (FMIPA Unila) mengadakan kegiatan Coral and Coastal Clean Up(CCCU) 2015 di Teluk Pengantin, Pulau Tegal Kabupaten Pesawaran.

Rangkaian kegiatan tersebut diantaranya adalah melakukan divingdan snorkeling sekaligus pembersihanpantai dan laut di lingkungan pesisir pantai Teluk Pengantin, dan bakti sosial yang dilaksanakan di Desa Agung Pulau Tegal.

Arif Rahmat Dwi Putra selaku Ketua Pelaksanamenjelaskan pentingnya menjaga ekosistem laut dan pantai dari kerusakan. Menurutnya penyebab utama dari kerusakan tersebut karena adanya sampah. “Keberadaan sampah di daerah terumbu karang sangat mengganggu habitat hewan laut seperti ikan, penyu, dan keanekaragaman makhluk hidup lainnya. Oleh karena itu kita harus melakukan pembersihan pantai dan laut ini,” ujar Arif.

Pada saat diving dan snorkeling panitia maupun beserta dapat mengumpulkan banyak sampah di dasar laut sampah plastik, karet, botol kaca, dan sampah anorganik lainnya. Salah satu peserta CCCU 2015, Demian sangat menyayangkan kondisi Teluk Pengantin yang penuh dengan sampah. Padahal menurutnya tempat ini memiliki laut yang bagus. “Masyarakat sekitar harus diberikan sosialisasi untuk tetap menjaga kebersihan sehingga lingkungan laut dan sekitar bisa lebih bersih lagi,” tutur peserta asal Jakarta tersebut. 

Selain menggelar pembersihan, panitia maupun peserta juga melaksanakan bakti social di Desa Agung. Desa yang berjarak 1 km dari Teluk Pengantin ini dapat ditempuh dengan menggunakankapal atau taksi air selama 20 menit. Disana mereka turut mensosialisasikan cara menggosok gigi dan mencuci tangan yang benar kepada masyarakat setempat. Kadek Wisne (Ketua Umum Anemon) menjelaskan bakti sosial ini bertujuan untuk mendengarkan aspirasi warga sekitar dan berupaya untuk membantu sebisa mungkin. (Fajrin)

Related

Berita Kampus 4434081251901912337

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item