Semnas Matematika Latih Peserta Berinovasi

Pemateri sedang menyampai bahan seminar, (28/3). Dok Aida. Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika (Himatika) Fa k ultas Matematika dan Ilmu P...

Pemateri sedang menyampai bahan seminar, (28/3). Dok Aida.
Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika (Himatika) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung (FMIPA Unila) mengadakan kegiatan Seminar Nasional (Semnas) yang dihadiri 95 orang di Gedung Aula Museum Lampung, Sabtu (28/3). Kegiatan yang mengangkat tema “Ekonomi Kreatif dengan Batik Fraktal untuk Bersaing di MEA” ini merupakan penutup dari serangkaian kegiatan Dies Natalis Jurusan Matematika (Dinamik XVI).

Gerry Alfa Dito (Matematika 2012) selaku Ketua Pelaksana menuturkanSemnas ini bertujuan untuk memperkenalkan Ilmu Matematika kepada masyarakat dan untuk menjelaskan bahwa Matematika bukanlah ilmu yang sulit. Gerry menambahkan, Ilmu Matematika juga dapat diaplikasikan dalam bidang industri dan lebih bernilai dalam kehidupan sehari-hari.

Senada dengan Gerry, dalam sambutannya, Drs. Tiryono Ruby, M.Sc., Ph.D. selaku Ketua Jurusan Matematika menghimbau mahasiswa dan masyarakat Lampung untuk dapat mengubah mindset bahwa Matematika merupakan ilmu yang susah. “Dengan Semnas ini diharapkan peserta dapat memahami pasar global dan siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015,” katanya.

Kegiatan nasional ini menghadirkan beberapa pembicara seperti H. Yuria Putra Tubarat (Wakil Ketua Kamar Dagang Industri Lampung), Muhamad Lukman (CO. Founder Batik and Chief of disign office), dan Dr. Ir. Samsul Bakri, M.Si (Dosen Pasca Sarjana Fakultas Pertanian Unila Dan Ahli Ilmu Fraktal).

“Kegiatan ini bagus dan dapat membuka wawasan baru. Saya menjadi tahu manfaat langsung dari ilmu matematika seperti gunanya dalam pembuatan batik. Sayabelajar pola berulang atau batik fraktal dalam proses pembuatan batik. Semnas ini juga memberikan saya inspirasi untuk berinovasi menggunakan ilmu matematika dengan teknologi dan kebudayaan,” ujar Wibi Cahyo Hastono sebagai salah satu peserta Semnas. (Fajrin)

Related

Berita Kampus 3312878109329162286

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item