FMIPA Ikuti Seleksi Mawapres 2015

Tahun ini, Kementrian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti) kembali menggelar Pemilihan Mah...

Tahun ini, Kementrian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti) kembali menggelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) 2015. Program yang sudah berlangsung sejak tahun 2004 ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa agar dapat berprestasi baik di bidang akademik ataupun non-akademik. Program mawapres dibagi menjadi dua kelompok pemilihan, program sarjana dan program diploma. Perbedaan dari dua kelompok ini terletak pada prosedur pemilihan atau cara penilaian.

Universitas Lampung khususnya Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) juga tidak ketinggalan mengikuti pemilihan ini. Mawapres dilangsungkan secara bertahap dimulai dari tingkat jurusan, fakultas, universitas, hingga nasional. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Drs. Tugiyono, Ph.D menjelaskan proses Mawapres di FMIPA. Setiap jurusan mengirimkan satu orang mahasiswa yang akan diseleksi di tingkat fakultas. Kemudian setelah terpilih barulah diseleksi kembali di tingkat universitas. “Lima belas orang mahasiswa terbaik dari setiap universitas di Indonesia akan dihubungi oleh pihak Dikti,” jelas Tugiyono. 

Dari lima jurusan di FMIPA, ada dua jurusan yang tidak mengirimkan mahasiswa dalam seleksi mawapres. Kurang tersebarnya informasi yang beredar menjadi salah satu faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. “Seharusnya info tentang mawapres ini disebarkan oleh pihak jurusan atau fakultas secara lebih meluas kepada kalangan mahasiswa,” ujar salah satu Mahasiswa Jurusan Matematika 2012.

Di lain sisi, Tugiyono menegaskan sedikitnya mahasiswa yang berpartisipasi dalam ajang mawapres ini bukan karena kurangnya informasi yang diberikan pihak fakultas. Dosen Biologi ini mengatakan kebanyakan mahasiswa tidak mau membaca pengumuman, padahal sudah dimuat di website fakultas dan universitas sejak tanggal 3 April 2015.

Seleksi mawapres tingkat jurusan di FMIPA sudah berlangsung dari (5-10/4) lalu. Dari lima jurusan di FMIPA, hanya tiga jurusan yang mengirimkan mahasiswanya yaitu Ifta Afiqa Khairani (Biologi 2013), Roni setiawan (Ilmu Komputer 2012) dan Duwi Hariyanto (Fisika 2012).

Drs. Tugiyono, Ph.D menjelaskan empat kategori penilaian mawapres yang dipertimbangkan, yaitu persentase IPK sebanyak 20%, karya tulis yang dibuat sebanyak 30%, prestasi yang dicapai sebanyak 25% dan kemampuan bahasa inggris 25 %. Berdasarkan hasil seleksi yang telah dilakukan fakultas pada (15/4) lalu, terpilihlah Ifta Afiqa Khairani (Biologi 2013) menjadi perwakilan FMIPA untuk kembali diseleksi di tingkat universitas.

Pendaftaran mahasiswa dari universitas yang mengikuti mawapres masih dibuka sampai 29 Mei 2015 di website http://mawapres.dikti.go.id/.Selanjutnya tahap penjurian tingkat nasional akan dilangsungkan pada bulan Juni sampai Agustus mendatang. (Nourma)

Related

Berita Kampus 1197385919461290744

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item