Himafi Adakan Seminar Nasional Nuklir

Dengan mengusung tema “ Ilmu Fisika Cakrawala Bangsa, Perkembangan Teknologi Nuklir ”, Himpunan Mahasiswa Fisika (H imafi ) FMIPA Unila ke...

Dengan mengusung tema “Ilmu Fisika Cakrawala Bangsa, Perkembangan Teknologi Nuklir”, Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafi) FMIPA Unila kembali menggelar acara Seminar Nasional pada Sabtu (18/5). Acara yang berlangsung di Auditorium Perpustakaan Unila tersebut dibuka oleh diikuti oleh 70 peserta.

Dalam sambutannya Drs. Tugiyono Ph.D selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menyampaikan, Seminar Nasional ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya mahasiswa mengenai informasi teknologi nuklir. Seminar ini dibuka oleh Drs. Tugiyono Ph.Ddan dihadiri oleh Ketua Jurusan Fisika, Sekretaris Jurusan Fisika, Dosen Fisika dan para Ketua Lembaga Kemahasiswaan.Acara yang pernah digelar 12 tahun yang lalu tersebut menghadirkan dua pemateri yang berlangsung dalam dua sesi.

Sesi pertama diisi oleh Dr. Yanti Yulianti sebagai Ahli Reaktor.Ketua Jurusan Fisika FMIPA Unilaini menjelaskan tentang pengertian nuklir, aplikasi dalam kehidupan sehari-hari serta bahaya dan dampak nuklir bagi kehidupan. Sedangkansesi kedua diisi oleh Dr. Eng Abu Khalid Rivai, M.Eng selaku Peneliti di PSTBM BATAN (Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju Badan Tenaga Nuklir Nasional). Dia menyampaikan materi tentang perkembangan teknologi nuklir dan potensi nuklir di Indonesia.

Mardiyanto selaku Ketua Pelaksana menjelaskan seminar ini sempat terhenti sejak tahun 2003. Menurutnya, kurangnya pengetahuan masyarakat tentang nuklir dan susahnya mencari narasumber yang cocok menjadi salah satu hambatan yang menghadang. “Harapannya seminar ini tidak hanya bermanfaat bagi peserta untuk hari ini saja, namun di kemudian hari sehingga peserta  lebih paham tentangteknologi nuklir ini,” ujarnya. (Hernora)




Related

Berita Kampus 4793450111120609958

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item