Insomnia Dapat Menyebabkan Kematian

Sumber : Internet Insomnia atau yang lebih kita kenal dengan kesulitan yang dialami seseorang untuk tidur adalah suatu penyakit yang sederha...


Sumber : Internet
Insomnia atau yang lebih kita kenal dengan kesulitan yang dialami seseorang untuk tidur adalah suatu penyakit yang sederhana namun apabila terjadi kesalahan dalam penanganannya, akan berakibat fatal bagi kesehatan. Insomnia dapat disebabkan oleh beberapa hal, dintaranya depresi,  gangguan jiwa, teman tidur yang mendengkur, faktor medis  dan pola tidur yang berubah-ubah. Jika anda memiliki permasalahan dalam tidur, sangat penting mengidentifikasi apakah insomnia timbul didasari oleh penyakit lain atau insomnia timbul karena suatu kondisi aktivitas yang kita lakukan. Kadang-kadang insomnia muncul karena disebabkan oleh nyeri, saluran pencernaan, dan terlalu memikirkan hal yang kita khawatirkan. Gejala yang dialami adalah sebagai berikut :
1.      Kesulitan tidur
2.      Sering terbangun pada malam hari
3.      Kesulitan untuk tidur kembali
4.      Bangun terlalu pagi
5.      Tidur yang tidak menyegarkan
6.      Kantuk di siang hari
7.      Kesulitan berkonsentrasi
8.      Suka marah marah

Sering kali insomnia memperburuk kondisi, seperti menyebabkan kelelahan dan menyebabkan kesulitan untuk berpikir jernih. Untuk insomnia yang disebabkan karena penyakit medis segera konsultasikan hal tersebut ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.
Seperti yang dikemukakan oleh Evi Yuzana, SKM. Bahwa orang yang terbiasa meminum obat penenang atau obat tidur memiliki resiko kematian yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak mengkonsumsinya dikarenakan pemakaian obat tersebut dalam jangka panjang akan memengaruhi syaraf.
Hampir semua dokter dan layanan kesehatan di seluruh dunia tidak setuju dengan penggunaan obat tidur untuk mengatasi insomnia dan mereka menyarankan jika terpaksa mengkonsumsinya maka harus lebih bijak dan tidak terlalu sering, maksimal 15 hari dari penggunaan pertama. Berdasarkan sebuah catatan Jurnal Substance Abuse and Mental Health Service Administration, ternyata kandungan dalam obat tidur sangat berbahaya melebihi apa yang orang pikirkan selama ini. Tetapi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya anda terlebih dahulu mengetahui beberapa efek negatif mengkonsumsi obat tidur sebagai berikut :

1. Sedikit lelah
Inilah yang akan terjadi jika anda mengkonsumsi obat tidur terlalu sering. Sebaiknya kurangi penggunaanya dan perlahan-lahan tinggalkan agar tidak terjadi hal yang lebih mengerikan lagi dikemudian hari.

2. Merasa masih ngantuk
Karena demikian efeknya yang sangat kuat saat bangun pagipun efeknya masih terasa dan menjadi-jadi bahaya ini akan berlipat ganda jika anda mengendarai kendaraan yang bisa mengakibatkan kecelakaan fatal dan tentu kerugian untuk anda sekaligus untuk orang lain juga.

3. Peningkatan efek
Efek akan mengganda dan jauh lebih berbahaya untuk tubuh anda jika anda mengkonsumsinya bersama alkhohol dan stimulan.

4. Ketergantungan
Inilah efek yang sudah pasti akan anda alami jika terlalu sering menggunkan obat tidur, anda tidak akan bisa tertidur sebelum meminumnya dan membuat anda ketagihan untuk terus menggunakanya lagi.
Terlepas dari apa yang menyebabkan masalah tidur Anda, penting untuk membangun dan memelihara kebiasaan tidur yang sehat. Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu anda tidur nyenyak pada malam hari:
1.      Membentuk rutinitas tidur yang teratur dan menentukan jadwal untuk tidur dan bangun. Jangan makan atau minum terlalu banyak ketika mendekati jam waktu tidur
2.      Ciptakan lingkungan tidur yang gelap, sejuk dan nyaman
3.      Hindari suara mengganggu
4.      Mengurangi komsumsi atau tidak mengkomsumsi kafein, terutama di malam hari
5.      Hindari alkohol dan nikotin, terutama mendekati waktu tidur
6.      Sering berolahraga, tapi tidak dalam waktu tiga jam sebelum waktu tidur
7.      Hindari tidur siang, khususnya di sore hari
8.      Singkirkanlah gadget jauh-jauh dari tempat tidur anda. Salah satu kebiasaan buruk masyarakat modern adalah sering membawa gadget ke tempat tidur sehingga kita tidak akan fokus untuk beristirahat. Selain dapat mengganggu tidur, radiasi yang dihasilkan oleh telpon genggam ataupun gadget lain ternyata juga dapat mengganggu fungsi otak dan dapat menurunkan fungsi organ-organ seksual.
9.      Konsumsilah makanan yang mengandung potasium dan magnesium tinggi seperti pisang dan kacang almond. Selain dapat membuat tidur anda lebih nyenyak, kandungan triptofan dalam buah pisang ternyata juga dapat menenangkan hormon otak sehingga anda bisa cepat tidur.
10.  Lakukanlah meditasi dan latih pernafasan. Meditasi sudah dikenal sejak dulu sebagai salah satu metode relaksasi yang paling ampuh. Dengan bermeditasi, anda akan berlatih agar bisa melupakan permasalahan hidup dan memfokuskan diri pada satu titik di dalam pikiran anda, sehingga pikiran anda akan semakin jernih dan anda akan mendpatkan tidur yang lebih berkualitas lagi. (Riri)

Related

Berita Sains 1690735341547201259

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item