Wawancara Khusus Gubernur BEM FMIPA Unila (Khoirul Anwar)

Dokumen Pribadi Khoirul Anwar Pergantian pemimpin baru di setiap fakultas kini sedang menjadi topik hangat dikalangan mahasiswa. Pada kesemp...

Dokumen Pribadi Khoirul Anwar
Pergantian pemimpin baru di setiap fakultas kini sedang menjadi topik hangat dikalangan mahasiswa. Pada kesempatan kali ini reporter Natural mewawancarai Gubernur BEM FMIPA periode 2015/2016, Khoirul Anwar, yang merupakan Gubernur BEM yang baru. 

Berikut petikannya,

Bagaimana pandangan saudara untuk FMIPA sekarang?
FMIPA selama ini masih kondusif secara structural, artinya semua kegiatan mahasiswa baik perkuliahan maupun keorganisasian masih terkondusif, tetapi masih ada permasalahan yang dihadapi yaitu tidak adanya kantin. Jika ingin membangun kantin bisa,tetapi kurang memungkinkan karena lahan yang tidak mendukung.

Motivasi sebagai Gubernur BEMFMIPA Unila?
Seperti kita ketahui BEM adalah lembaga kemahasiswaan yang tidak akan berarti apa-apa dalam pelaksanaannya tanpa adanya dukungan dari teman-teman. Kita merangkul mahasiswa dan mahasiwa juga peduli dengan BEM sehingga ada timbal balik yang besar sehingga menghasilkan sesuatu yang besar baik untuk mahasiswa sendiri, BEM, LK lain, dan civitas akademika lainnya.

Adakah tokoh yang memotivasi saudara untuk terjun sebagai Gubernur?
Secara pribadi tidak ada tokoh yang mendorong saya untuk menjadi Gubernur tetapi dorongan dan dukungan teman-teman beserta orang-orang terdekatlah yang membuat saya untuk terjun ke pergerakan mahasiswa.

Apa gerakan pertama yang saudara akan lakukan sebagai Gubenur?
Pertama kita mempererat kondisi internal dulu untuk bisa menjalankan sebuah kepengurusan satu tahun ke depan. Perlu kita ketahui, satu tahun itu hanya sebentar sehingga tidak akan cukup untuk mengatasi permasalahan di FMIPA ini. Yang kedua, kita akan melaksanakan program bermanfaat untuk mahasiswa contohnya membantu untuk banding UKT.

Program kerja apa yang dapat membedakan kabinet Dinamis dan Kreatif dengan kabinet-kabinet sebelumnya?
Jika program kerja secara khusus, untuk sementara inibelum kami rencanakan secara pasti. Yang jelas, kami ingin memberikan inovasi yang sifatnya bermanfaat.

Bilamana kebijakan saudara ditolak oleh pihak birokrat, apa solusi yang akan saudara lakukan?
Kita tidak bisa serta merta sebagai mahasiswa mengusulkan bahwa ini harus direalisasikan sekarang. Jika tidak bisa, setidaknya kita bisa melanjutkan perjuangan yang sebelumnya. Tetapi kita akan mengusahakan sebaik mungkin.

Apa yang akan saudara lakukan untuk mengembangkan kondisi internal dan eksternal di FMIPA?
Untuk kondisi internal MIPA, tentu dengan program-program kerja BEM yang langsung berkaitan dengan mahasiswa. Untuk kondisi intenal pengurus, dengan rapat-rapat, forum-forum silaturahmi pengurus yang dapat mempererat hubungan internal. Untuk eksternal, kita berencana melakukan kunjungan ke Instansi Pemerintah Provinsi Lampung dan Kota Bandar Lampung untuk melakukan diskusi-diskusi berkaitan dengan energi, teknologi, dan sains. Nanti hasil diskusi kita dengan Instansi-instansi tersebut, kita beritahukan kepada birokrat.

Setelah menjadi Gubernur, waktu saudara akan banyak tersita. Bagaimana cara saudara membagi waktu antar kuliah dengan organisasi?
Untuk saya sendiri, ikut tidak ikutnya saya di organisasi tidak mempengaruhi nilai pelajaran saya. Saya sendiri juga memanejemen waktu dengan tidak menunda-nunda suatu pekerjaan apapun itu.

Adakah pesan yang akan saudara sampaikan untuk civitas akademik FMIPA?
Saya berpesan kepada seluruh civitas akademik FMIPA Unila, secara umum kita ingin membangun FMIPA ini menjadi fakultas lebih baik lagi. Kita juga merasakan banyak sekali kontribusi kita ke Unila yang sangat bermanfaat. Jangan sampai prestasi-prestasi kita itu menurun dengan minimnya kemauan kita untuk melakukan inovasi. Untuk dosen sendiri, berikan nasehat moral kehidupan kepada mahasiswa jangan hanya mengajar saja. Untuk mahasiswa sendiri, kita lebih aktif lagi peduli dengan lingkungan fakultas kita. Jangan sampai kita identik hanya dengan penelitian-penelitian, tetapi aktifkan kegiatan sosial kita juga. (Khasandra)


Related

Berita Kampus 2220045431089066826

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item