Tidak Hanya Scientist, Mahasiwa FMIPA Juga Bisa Berkreasi

Instagram : Ezandavozzadp Menjadi sesuatu yang berbeda dapat menjadikan kita terlihat mahal dimata khalayak ramai. Seperti halnya, gadis ber...

Instagram : Ezandavozzadp

Menjadi sesuatu yang berbeda dapat menjadikan kita terlihat mahal dimata khalayak ramai. Seperti halnya, gadis berparas cantik yang saat ini menempuh pendidikan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung (FMIPA UNILA) jurusan Biologi ini telah berhasil menyandang gelar Muli Lampung 20I5.

Ezanda Vozza Diah Pitaloka merupakan salah satu mahasiswi Universitas Lampung yang mewakili Kabupaten Pesisir Barat dalam ajang pemilihan Muli Mekhanai Lampung 20I5. Berawal dari informasi yang ia peroleh serta ajakan dari kakak tingkatnya, ia akhirnya berani unjuk gigi dalam pemilihan Muli di Pesisir Barat. Baginya muli mekhanai bukan hanya trend masa kini yang dianggap sebagai fashion hidup akan tetapi lebih memperkenalkan budaya kepada khalayak ramai.

Berbagai macam proses seleksi di tingkat Kabupaten telah dilalui gadis berkelahiran Bandar Lampung ini mulai dari seleksi tertulis, wawancara, public speaking dan masih banyak lagi yang ia lalui, akhirnya ia berhasil lolos menjadi salah satu perwakilan muli dari sekitar 100 peserta yang mengikuti penyisihan tersebut. Dari sekian banyak seleksi yang dilalui Vozza, tes wawancara merupakan seleksi yang lumayan sulit. Menurutnya, wawancara lebih ke arah psikolog yang tidak bisa ditargetkan seperti tes lainnya. Karena disitu akan timbul berbagai macam pertanyaan yang tidak dapat diperkirakan.

Setelah 10 besar finalis dilakukan babak penyisihan hingga tersisa 5 finalis (terdiri dari 3 muli dan 2 mekhanai) yang mewakili Pesisir Barat untuk mengikuti pemilihan ditingkat Provinsi. Selain Vozza yang merupakan perwakilan dari Unila, terdapat juga mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Pemerintahan Universitas Lampung (FISIP Unila) yang masuk dalam I0 besar finalis saat itu. “Ada saingan saya yang juga kuliah di FISIP Unila dan saat itu ia mendapat juara II,” ujarnya. Vozza bersyukur karena dari beberapa fakultas yang ada di Universitas Lampung, ia dapat mewakili FMIPA untuk mengikuti pemilihan Muli Mekhanai Lampung 20I5. “Banyak yang beranggapan bahwa mahasiswa FMIPA ini sebagian besar mahasiswanya fokus dan serius belajar dan sekarang Vozza mencoba untuk mengubah paradigma/anggapan banyak orang kalau mahasiswa MIPA juga bisa berkreasi,” ujar Vozza.

Beranjak dari tingkat Kabupaten, salah satu perwakilan muli Pesisir Barat ini berangkat menuju kota Bandar Lampung untuk menjalani karantina selama 2 hari 1 malam bersama 58 finalis dari berbagai macam kabupaten/kota. Bagi gadis kelahiran 9 November 1996  ini mengatur waktu adalah hal yang tak mudah. Selama di karantina, ia harus bisa membagi waktu dengan berbagai macam kegiatan yang diadakan serta harus tetap menjaga kesehatan.

Banyak harapan yang diberikan teman-teman khususnya dari jurusan Biologi agar Vozza dapat lebih mengembangkan bakat ataupun talenta yang ia miliki. Bagi Vozza sendiri, ia ingin lebih mengembangkan talenta yang ia miliki dan untuk mengarah ke hal yang lebih baik, kita sebisa mungkin menjadi diri kita sendiri. “Jangan menjadi seperti air yang mengalir, sesekali jadilah seperti mercusuar yang terlihat dan menunjang karena apapun yang kita ambil sekarang akan menentukan masa depan kita,” ujar Vozza.

Untuk selanjutnya, gadis yang kerap disapa Vozza ini memiliki harapan agar dapat meningkatkan kreativitas yang lebih tinggi lagi. Untuk mewujudkan harapannya itu butuh waktu dan juga persiapan yang matang serta harus melewati beberapa proses tertentu. “InshaAllah untuk tahun ini saya dikirim ke Puteri Pariwisata Indonesia, kira-kira di bulan September nanti,” katanya. Akan tetapi ia masih memiliki banyak kekurangan yang belum menunjang apa yang menjadi harapannya. “Saya rasa apa yang menjadi persiapan saya sekarang belum cukup, kalau Puteri Indonesia ini kan lebih ke fisik yang dinilai, serta wawasan yang lebih luas dan itu belum maksimal menurut saya, apalagi saya juga harus mempersiapkan mental saya,” tambahnya diakhir wawancara. (Vivin)

Related

Berita Kampus 6929599392033363454

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item