Air Es Berwarna Merah di Pluto

Meskipun pluto sudah resmi dikeluarkan dari kelompok kosmik yang membentuk sistem tata surya, tetap saja penelitian pluto masih terus dilanj...

Meskipun pluto sudah resmi dikeluarkan dari kelompok kosmik yang membentuk sistem tata surya, tetap saja penelitian pluto masih terus dilanjutkan hingga saat ini.

Seperti yang dikutip oleh National Geographic Indonesia pada(13/10)  lalu, bahwa telah ditemukannya air es berwarna merah yang menyelimuti permukaan planet kerdil pluto.

Menggunakan data dari New Horizons milik NASA, diketahui terdapat kawasan yang menunjukkan keberadaan air es spektral yang kuat sesuai dengan daerah yang berwarna merah cerah dan hal tersebut masih menjadi misteri.

“Memahami mengapa air es muncul di tempat itu dan bukannya di tempat lain menjadi tantangan kami selanjutnya,” ujar anggota tim New Horizons, Dr. Jason Cook dari Southwest Research Institute.


“Saya terkejut ketika menyadari bahwa air es ini begitu merah. Kami belum memahami hubungan antara es air dan pewarna tholin kemerahan di permukaan Pluto,” kata anggota tim Dr. Silvia Protopapa dari University of Maryland. (Cinkia)

Related

Berita Sains 1759016814405082316

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item