FENOMENA EL NINO TINGKATKAN POTENSI LAUT

Sumber : Google Kekeringan yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia merupakan salah satu dampak dari El Nino . F enomena El Nino bukan me...

Sumber : Google
Kekeringan yang terjadi di beberapa wilayah Indonesiamerupakan salah satu dampak dari El Nino. Fenomena El Nino bukan merupakan badai panas, melainkan fenomena meningkatnya suhu permukaan laut yang menyebabkan berkurangnya curah hujan. 
 
Karena curah hujan yang berkurang, menyebabkan terjadinya kemarau  panjang, kekurangan air bersih, kebakaran dan gagal panen yang mengancam ketahananpangan Indonesia. Tetapi ada sisi lain dari fenomena El Nino. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG),El Nino dapat meningkatkan  potensi hasil laut .
 
Disebabkan suhu  muka laut di wilayah Indonesia dingin sehingga dapat menambah populasi ikan yang pada akhirnya dapat meningkatkan  hasil tangkapan ikan bagi nelayan Indonesia." Ungkap Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung, Sugiyono. 

Tidak hanya sektor perikanan, dampak positif juga dirasakan petani garam, karena produksi garam melalui proses penjemuran dengan sinar matahari,  adanya kemarau yang panjang meningkatkan hasil produksi garam .

Berbeda dengan gelombang panas yang terjadi di wilayah yang beriklim subtropis dan dalam kisaran waktu 3-10 hari. El Nino terjadi dalam  kurun waktu 4-5 bulan.(Shintia)

Related

Berita Sains 6755045356300942088

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item