Kebutuhan Sains dan Teknologi

Illustrasi Sains dan Teknologi (Saintek) merupakan bagian dari kehidupan manusia yang lahir sebagai konsekuensi dari perkembangan ilmu penge...

Illustrasi
Sains dan Teknologi (Saintek) merupakan bagian dari kehidupan manusia yang lahir sebagai konsekuensi dari perkembangan ilmu pengetahuan. Salah satunya adalah pengembangan sains yang banyak membantu dan berhubungan langsung dengan masalah kesehatan dan kehidupan manusia

Pada era modern saat ini, kemajuan teknologi menjadikan keberadaan manusia dapat digantikan dengan suatu mesin, misalnya mencuci pakaian yang saat ini sudah banyak menggunakan mesin yang handal.

Ke depan pasti banyak sekali produk-produk elektronik canggih yang nantinya banyak dijumpai masyarakat Indonesia seiring dengan pola pemikiran kaum intelektual scientistyang ingin mengembangkan suatu penelitian mereka, baik yang berupa pengabdian maupun yang bersifat corporate. Dampaknya jelas dapat dilihat positif, salah-satunya yaitu alih teknologi pada kemajuan teknologi di negara maju ke negara berkembang. Perusahaan juga dalam hal ini ingin terus memperbaharui teknologi pada produknya yang tentu dapat berimbas pada peningkatan minat permintaan pasar terhadap produk-produk elektronik yaitu pada teknologi terapan baru. Dalam beberapa tahun saja, acap kali banyak bermunculan teknologi-teknologi baru yang bukan lagi fenomena biasa dijumpai.

Pada bidang ilmu kimia, sering dijumpai penemuan-penemuan baru yang hasilnya dapat dimanfaatkan. Misalnya biji ketapang, pemanfaatan biji ini pada dasarnya memiliki nilai ekonomis karena dapat memanipulasi ketersediaan sumber daya alam yang semakin menipis. Biji buah ketapang ini bisa dijadikan alternatif bahan bakar mesin diesel, seperti yang dilakukan mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA Unila 2011, Endah Pratiwi. (Sumber : Buletin Info Natural edisi 74).

Penelitian hasil skripsi dan tesis mahasiswa sepantasnya bisa dijadikan suatu produkyang tepat guna pada masyarakat. Membuat suatu penelitian, mahasiswa dapat menjadi pelopor utama dalam pemanfaatan teknologi dan sains yang telah mereka ciptakan.

Mengabdikan hasil karya penelitian untuk kepentingan masyarakat mungkin adalah jawaban dari sistem negara Indonesia yang kebanyakan masih mengandalkan cara-cara kuno dalam pengobatan dan cara manual dalam pengolahan data.

Dalam QS. Al-Jatsiyah (45):13  “Dan  Dia  menundukkan  untukmu apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berpikir ”.

Dari ayat tersebut jelas dikatakan bahwa, masyarakat telah dianjurkan untuk mengelola nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya melalui pengetahuan yang telah dipelajarinya. (Yunus)


Related

Berita Sains 92769070575129091

Posting Komentar

  1. I'm interested in your article
    I also have the same article that you can read in http://ps-tsi.gunadarma.ac.id
    thank you

    BalasHapus

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item