Spesies Baru ‘Tanaman Abadi’ ditemukan di Thailand

Pisang Musa nanensis   (P.Srisanga) Bertambah lagi satu spesies pisang liar di daftar keluarga Musaceae . Spesies yang termasuk dalam genus ...

Pisang Musa nanensis (P.Srisanga)
Bertambah lagi satu spesies pisang liar di daftar keluarga Musaceae. Spesies yang termasuk dalam genus Musa ini mencangkup lebih dari 70 spesies pisang dan pisang raja.

Berbeda dengan spesies pisang lainnya, spesies baru yang diberi nama ilmiah Musa nanensis ini merupakan tanaman abadi. Bukan karena terus hidup, tetapi karena tanaman ini berbunga sepanjang tahun.
Spesies yang ditemukan di Provinsi Nan di Thailand Utara ini memiliki buah yang berukuran panjang 7 cm dan lebar 1,5 cm. Berbentuk lurus agak melengkung, seiring dengan pertumbuhan. Setiap tandan memiliki 3-10 sisir dan masing-masing sisir mengandung 4-10 pisang dengan biji yang tak beraturan.

Seperti yang dikutip oleh Nasionalgeographic.co.id, beberapa spesimen Musa nanensis dikumpulkan hanya dari satu wilayah dekat perbatasan Thailand-Laos di Provinsi Nan. Namun, diharapkan bahwa spesies baru akan ditemukan di seberang perbatasan di Laos.

“Takson itu ditemukan di ketinggian 835 m di hutan Cemara Kering, di sebuah lembah hutan pegunungan rendah,” kata para ilmuan.

Meskipun spesies ini diberi nama ilmiah Musa nanensis sebagai penghormatan terhadap Provinsi Nan, tetapi spesies ini lebih dikenal dengan nama Kluai Si Nan (Pisang Kebanggaan Nan). (Cinkia)

Related

Berita Sains 8184676232168303129

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item