Gerhana Matahari Total Lintasi 11 Provinsi Di Indonesia Pada 9 Maret

Gerhana adalah peristiwa tertutupnya sebuah objek disebabkan adanya objek yang melintas di depannya. Proses terjadinya gerhana matahari tot...

Gerhana adalah peristiwa tertutupnya sebuah objek disebabkan adanya objek yang melintas di depannya. Proses terjadinya gerhana matahari total adalah ketika bulan secara keseluruhan menutupi cahaya sinar matahari yang memancar ke bumi.  

Dikutip dari antaranews.com , Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaludin mengatakan gerhana matahari total akan bisa diamati dari 11 wilayah provinsi di Indonesia pada 9 Maret pagi.

Gerhana matahari total, menurut dia, akan bisa diamati dari Provinsi Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara.

Fenomena gerhana matahari total merupakan fenomena yang jarang terjadi sehingga kemungkinan akan menarik banyak wisatawan mancanegara karena fenomena gerhana matahari total hanya dapat disaksikan di provinsi-provinsi tertentu di Indonesia.

"Gerhana matahari total di bagian timur Indonesia akan berlangsung sekitar tiga menit sekitar pukul 09.00 waktu setempat, sedangkan di bagian barat akan berlangsung sekitar dua menit pukul 07.30 WIB," kata Thomas saat dihubungi dari Bandung, Senin.

Gerhana matahari total hanya terjadi beberapa menit karena gerakan bayangan bulan yang cepat.
Thomas mengatakan saat gerhana matahari total suasana di daerah yang terlintasi akan seperti malam purnama.

Dia menjelaskan bahwa gerhana matahari bisa disaksikan namun para pengamat harus menghindar saat matahari keluar kembali dari bayangan bulan karena bisa menghasilkan cahaya yang kuat.

Daerah lain selain 11 provinsi itu, menurut dia, hanya akan bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian.

Ia menambahkan Lapan akan meluncurkan hitung mundur 55 Hari Jelang Gerhana Matahari Total di Kantor Lapan di Jakarta pada Kamis (14/1). (Gita)

Related

Berita Sains 3017728292916111916

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item