Mahasiswa FMIPA Masih Apatis Terhadap Demokrasi Kampus

Talkshow bersama dengan Diky Hidayat, Hapin Afriyani, dan Ahmad Ari Aldino. Foto: Hernora Serukan Suara, Wujudkan Demokrasi untuk FMIPA Satu...

Talkshow bersama dengan Diky Hidayat, Hapin Afriyani, dan Ahmad Ari Aldino. Foto: Hernora
Serukan Suara, Wujudkan Demokrasi untuk FMIPA Satu menjadi tema yang diangkat oleh Pansus Pemilihan Raya (PEMIRA) FMIPA dalam kegiatan Ini Juga Talk Show yang bertempat di Pelataran FMIPA (23/3).

Menghadirkan Ketua Senat angkatan ke-5 FMIPA Unila, Diky Hidayat, Hafin Apriani, Wakil Gubernur BEM FMIPA Unila 2013-2014 dan Ahmad Ari Aldino, mantan anggota Pansus Pemira 2013.

Kegiatan ini dilakukan sebagai sarana pengenalan demokrasi kepada warga FMIPA dan membuka pikiran dan hati mahasiswa FMIPA akan pentingnya suatu demokrasi. Namun kegiatan ini sangat disayangkan karena, momen yang terjadi setahun sekali tidak terlalu digubris oleh mahasiswa FMIPA, “Sekarang tingkat kepedulian mahasiswa terhadap demokrasi sangat rendah,” ujar Diky Hidayat.

Hal ini terlihat saat kegiatan berlangsung banyak mahasiswa yang asik berjalan bahkan hanya melihat dari jauh kegiatan ini. Dari sinilah semakin terlihat kepedulian untuk mengikuti pesta demokrasi yang akan dilaksanakan 14 april mendatang sangatlah rendah.

Mahasiswa di FMIPA merupakan mahasiswa study oriented sehingga untuk menaikkan minat pemira di FMIPA sangatlah sulit. Bahkan hanya untuk menghadiri talk show hanya sedikit yang datang. ”Dari 2000 mahasiswa hanya datang 50 orang, yang lain kemana?,” tanya Aldino.


Terlebih melihat pada dua tahun terakhir terjadi aklamasi. Hal ini semakin terlihat bahwa demokrasi FMIPA mati suri. Terlihat mahasiswa apatis terhadap demokrasi yang ada di kampus. Mahasiswa MIPA saat ini hanyalah berorientasi ke akademik sehingga demokrasi tidak terlalu digubris. Sehingga tidak akan terjadi pemira karena tidak didukung oleh politik kampusnya. (Freta Tirka)

Related

Berita Kampus 8571012384367977390

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item