Tak Hanya Anjing, Kuda Juga Bisa Membaca Ekspresi Wajah Manusia

ilustrasi | nationalgeographic.co.id Mungkin sudah banyak yang mengetahui jika anjing dapat membaca ekspresi wajah manusia, tapi tahukah ka...

ilustrasi | nationalgeographic.co.id


Mungkin sudah banyak yang mengetahui jika anjing dapat membaca ekspresi wajah manusia, tapi tahukah kalian? tak hanya anjing, kuda juga mampu membaca ekspresi dan emosi di wajah manusia.

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa kuda mengenali orang yang sebelumnya hanya pernah mereka lihat dalam foto. Kini sebuah studi baru mengungkapkan bagaimana kuda membaca emosi manusia. 

Dilansir dari nationalgeographic.co.id , "Ada kemungkinan bahwa kuda mengembangkan kemampuan ini selama 6.000 tahun seiring evolusi mereka bersama manusia, atau memang kuda belajar selama hidup mereka," Amy Smith, salah satu pemimpin penelitian.

Dalam penelitian yang hasilnya diterbitkan di jurnal Biology Letters, Smith dan timnya mengambil sampel 28 kuda dari 5 peternakan kuda di Sussex dan Surrey, Inggris. Setiap kuda ditunjukkan foto-foto pria dengan ekspresi wajah yang berbeda sesuai dengan suasana hati tertentu.

Peneliti melaporkan bahwa reaksi kuda terhadap wajah marah terungkapkan. Kuda-kuda melihat gambar-gambar wajah marah terutama dengan mata kiri mereka, sesuai spesialisasi otak kanan yang memproses rangsangan yang mengancam (Informasi dari mata kiri diproses di otak belahan kanan).

McComb, seorang profesor dari Animal Behavior & Cognition di University of Sussex mengatakan bahwa hal ini memberi kita kejelasan bagaimana kuda-kuda itu melihat situasi dan menunjukkan dengan jelas bahwa mereka melihatnya sebagai hal negatif.

"Denyut jantung meningkat dan punggung mereka terangkat. Jadi berada dalam suasana hati buruk di sekitar kuda bukanlah sesuatu yang tak disadari oleh mereka. Itu juga cenderung memiliki dampak negatif pada perilaku dan fisiologi kuda," pungkasnya.

Sangat sedikit hewan yang diketahui dapat memahami ekspresi wajah manusia. Hanya anjing yang sebelumnya telah terbukti memiliki kemampuan itu.

Related

Berita Sains 407922013809115148

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item