Pemberdayaan Masyarakat Lewat Tusuk Sate bersama KKN Unila 2016

Sebagai wujud Tri Darma Perguruan Tinggi, Pengabdian, Universitas Lampung (Unla) kembali melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Perio...

Sebagai wujud Tri Darma Perguruan Tinggi, Pengabdian, Universitas Lampung (Unla) kembali melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode II (Juli – Agustus 2016). Pelaksanaan KKN periode II ini dilaksanakan di beberapa daerah di Provinsi Lampung, yaitu Lampung Tengah, Tanggamus, Lampung Barat, dan Lampung Selatan.

Salah satu tempat KKN periode II ini adalah Desa Sidomulyo, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan. Mahasiswa Unila yang berada di desa tersebut melaksanakan program KKN Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM). Mereka memiliki tugas utama yaitu memberdayakan masyarakat khususnya terkait dengan Industri Tusuk Sate.

Desa Sidomulyo merupakan salah satu desa yang menjalankan usaha produksi tusuk sate. Usaha produksi tusuk sate ini dimulai sejak tahun 2011 dengan nama “Tusuk Sate Paguyuban Krajan”. Dalam produksi tusuk sate, ditemukan hambatan yang datang bukan hanya dari mesin pembuat tusuk sate, akan tetapi pada Sumber Daya Manusia (SDM).

Dengan datangnya mahasiswa KKN Unila yang di Desa Sidomulyo, mereka memiliki tugas yaitu memberdayakan masyarakat khususnya terkait tusuk sate. Ada beberapa progja utama yang sudah dijalankan oleh kelompok mahasiswa KKN-PPM desa Sidomulyo, Lampung Selatan yaitu penyuluhan mesin serut, penyuluhan mesin pengering, membuat logo produk, membuat kemasan produk, membuat jaringan promosi online, maintenance alat listrik, quality control, dan penataan alat pembuat tusuk sate (Tim KKN PPM Unila Desa Sidomulyo Lamsel, Natural).

Related

Agenda 8778730317971743944

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item