Tingkatkan Ekowisata Bersama KKN Kebangsaan 2016

Pada Bulan Juli 2016 lalu, mahasiswa dari berbagai universitas yang ada di Indonesia melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi, yai...

Pada Bulan Juli 2016 lalu, mahasiswa dari berbagai universitas yang ada di Indonesia melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian. Hal ini diwujudkan dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan yang pada tahun 2016 ini dilaksanakan di Kepulauan Riau. Salah satu universitas yang mengikuti KKN Kebangsaan adalah Universitas Lampung.

Dalam melaksanakan pengabdian mereka di Kepulauan Riau, salah satu program kerja yang terkait adalah mengenai pengembangan ekowisata bahari pulau tertinggal. Salah satu ekowisata tersebut adalah Sungai Buluh.

Sungai Buluh sendiri berasal dari kata Suak Buluh yang mana pada jaman dahulu pada hulu sungai terdapat banyak buluh atau bambu. Sebelumnya pada tahun 1871, sungai ini bernama Suak Dungun yang kemudian berubah nama menjadi Sungai Buluh.

Menurut Agus Setiawan selaku Kepala Desa Sungai Buluh merasa senang dengan kunjungan mahasiswa KKN Kebangsaan didesanya. “Sudah ketiga kalinya desa ini dikunjungi teman-teman KKN dan sedikit banyak telah membantu masyarakat kami untuk membuka pola piker kami,” ujarnya. Azlah, Kepala Dusun Satu Desa Sungai Buluh, menambahkan untuk KKN tahun ini diharapakan untuk dapat lebih membantu mempromosikan desa lebih baik sehingga banyak pengunjung yang bisa datang ke Desa Sungai Buluh.

M. Ikramullah (Universitas Negeri Makassar, Psikologi 2013) selaku Koordinator KKN Kebangsaan 2016 Desa Sungai Buluh, Singkep Barat, Kabupaten Lingga Kepulauan Riau berharap agar seluruh program kerja terkait pengembangan ekowisata bahari dapat terlaksana dengan baik dan membawa pengaruh positif bagi perekonomian Desa Sungai Buluh dan dapat mempromosikan potensi wisata alam yang berada di desa tersebut.(Dita, Shela)

Related

Berita Kampus 7393723293401791678

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item