BNCT Solusi Baru Penyembuhan Kanker

BNCT Solusi Baru Penyembuhan Kanker Kanker sudah sejak lama menjadi momok bagi setiap orang. Banyak orang beranggapan bahwa kanke...


BNCT Solusi Baru Penyembuhan Kanker
Kanker sudah sejak lama menjadi momok bagi setiap orang. Banyak orang beranggapan bahwa kanker adalah penyakit yang sulit untuk disembuhkan dan sangat menyiksa penderitanya. Penyakit kanker dimulai saat adanya sel-sel abnormal membelah tanpa kontrol dan mampu menyerang jaringan lain. Sel-sel kanker dapat menyebar ke bagian lain melalui darah dan sistem limfe.

Terdapat bermacam-macam penyakit kanker yang dapat menyerang tubuh, diantaranya kanker kerongkongan, kanker usus besar, kanker lambung, kanker serviks dan sederetan kanker lainnya yang berbahaya bagi tubuh. Penyembuhan penyakit kanker selama ini juga dikenal sulit, karena selain mengeluarkan biaya yang tidak murah, penderita kanker juga harus menjalani serangkaian terapi.

Namun di era modernini, telah dikembangkan metode baru untuk mengobati dan menyembuhkan kanker. Metode ini dikenal dengan nama Boron Neutron Capture Cancer Therapy (BNCT) yang dikenal lebih efektif dibanding metode lain seperti operasi atau pembedahan, radioterapi dan kemoterapi atau terapi sistemik.

Seperti dilansir pada laman liputan6.com terkait metode baru penyembuhan kanker,  Menurut Kepala Peneliti Pengembangan BNCT dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Yohannes Sardjono, “metode penyembuhan ini dilakukan dengan menembakkan neutron ke boron yang sudah disuntikkan dan masuk ke dalam tubuh. Kecepatan tembakan yang menggunakan alat penembak polimatron ini sama dengan laju pesawat terbang, yakni sekitar 2.200 meter per detik.”

Dijelaskan pula olehnya bahwa sasaran dari tembakan neutron ke boron ini adalah sel kanker. Ketika proses tersebut sudah dilakukan, maka sel kanker akan hancur dan penderita kemungkinan besar sembuh setelah menjalani beberapa proses lanjutan. Reaksi nuklir dari proses itu akan membentuk partikel alfa dan litium yang menghancurkan sel kanker, tutur Yohannes.

Partikel-partikel berat tersebut mampu menghasilkan energi sekitar 2,34 mega electron volt. Partikel ion litium memiliki jangkauan di area sel kanker sekitar 5 mikrometer dan partikel alfa sekitar 9 mikrometer. Sehingga radiasi hanya akan membunuh sel kanker saja dan tidak merusak sel yang sehat. Semoga dengan adanya kemajuan iptek dalam bidang ini dapat membantu penyembuhan dan pengobatan penyakit kanker. (yoanda)

Related

Berita Sains 8137014403751460433

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item