Bisa Karena Terbiasa

Dok. Natural Belakangan  ini ,  banyak orang  yang   mengeluh  bahwa mereka  tidak  bisa   mengerjakan pekerjaan yang baru didapatkan s...

Dok. Natural

Belakangan  ini ,  banyak orang  yang   mengeluh  bahwa mereka  tidak  bisa   mengerjakan pekerjaan yang baru didapatkan saat ini. Ketidakbisaan  dalam melaksanakan pekerjaan tersebut  bukan karena orang yang bekerja itu bodoh, melainkan pekerjaan itu adalah sesuatu hal yang baru. Dengan kata lain, mereka harus bisa beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan pekerjaan tersebut.

Jika pekerjaan berantakan suatu pekerjaan  baru, siapakah yang patut disalahkan? Ya, yang pantas disalahkan adalah orang yang bekerja, bukan pekerjaanya. Namun, kenapa pekerja yang harus disalahkan? Disinilah pekerja harus memiliki daya juang yang tinggi agar pekerjaan yang baru tersebut dapat terselesaikan dengan baik.

Nah, bagaimana kalau di lingkungan mahasiswa? Sering sekali saya menemukan dikalangan mahasiswa, mereka cenderung mengeluh terlebih dahulu sebelum melakukannya. Contohnya teman saya ingin belajar cara menulis untuk dijadikan suatu cerpen ataupun karya lainnya, apa yang teman saya katakan di awal?

“Saya tidak bisa membuat cerita. Bagaimana saya bisa membuat novel? Saya tidak bisa apa-apa,” . Pernyataan ini  merupakan  masalah klasik yang  sering diungkapkan teman saya saat ingin belajar suatu hal. namun seharusnya  masalah  ini dapat diselesaikan dengan mudah.
Suatu pekerjaan ataupun pembelajaran jika kita sering bertemu dengan hal tersebut secara tidak langsung kita akan paham dengan sendirinya. Sebagai contoh, bayi yang sedang belajar berjalan melakukan proses terlebih dahulu untuk menunjang pembelajarannya agar dapat berjalan.

Proses inilah yang kadang terlupakan oleh sebagian orang. Mereka lebih memilih jalan instan ketimbang harus melewati proses. Padahal dengan melewati proses inilah kita dapat paham mengenai apa yang sedang kita pelajari dan untuk mencapai sebuah keberhasilan memang membutuhkan perjuangan.

Kita akan bisa jika kita terbiasa. Saat kita terbiasa untuk mempelajari apa yang akan kita kerjakan,  maka keterbiasaan ini akan menuntun kita menuju tujuan yang sedang kita targetkan. Mari ubah pola pikir kita, yang awalnya sering mengeluh, belajarlah! Biasakan melakukannya, pasti kita akan bisa.

Salam Pers !


oleh : Fahrul Efendi

Related

Opini 5745825451360394594

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item