Hilangkan Diskriminasi Organisasi

Dok. Natural Organisasi merupakan wadah mahasiswa untuk berkreasi, mengembangkan potensi diri, dan mendapatkan teman baru. Namun saat...

Dok. Natural

Organisasi merupakan wadah mahasiswa untuk berkreasi, mengembangkan potensi diri, dan mendapatkan teman baru. Namun saat ditelaah lebih dalam, organisasi justru dapat menimbulkan diskriminasi antar mahasiswa.

Setiap mahasiswa memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan dan kekurangan tersebut bukan untuk dibanggakan ataupun disesali.  Namun, kekurangan dan kelebihan itu dapat diaplikasikan serta diasah dalam sebuah wadah organisasi.

Mahasiswa berhak memilih dimana ia akan mengembangkan potensinya. Kita ketahui bahwa potensi yang dimiliki setiap mahasiswa tentu tidak sama, oleh karena itu ada beragam jenis organisasi di kampus hijau ini yang bisa dipilih oleh seluruh mahasiwa untuk mengembangkan diri.

Embel-embel mahasiswa yang sudah melekat saat ini memiliki wewenang akan dirinya sendiri. Tak bisa memaksakan kehendak untuk kepentingan kalangan-kalangan tertentu. Baik buruknya mahasiswa, dirinyalah yang seharusnya lebih mengetahui dibandingkan dengan orang lain.

Tak pantas rasanya jika mendiskriminasi mahasiswa lain dengan alasan organisasi. Hanya karena tak mengikuti organisasi tertentu, mahasiswa bisa merasakan ganasnya diskriminasi terhadap dirinya. Hanya karena tidak satu jalan, mahasiswa mendapat perlakuan yang berbeda dengan mahasiswa lain.

Biarkan mahasiswa memilih yang terbaik untuk dirinya. Biarkan ia mengalirkan karya-karya indah yang bisa dirasakan bukan hanya untuk dirinya, ataupun untuk organisasi yang dia pilih, namun juga bisa dirasakan untuk organisasi lain bahkan khalayak luas.

Satu kalimat terakhir, "Untuk membanggakan rumah,  tak selamanya kau harus berdiri diatas rumahmu".


oleh : Raka Nurpandi

Related

Opini 8223284806279676565

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item