Amuba Pemakan Otak Manusia

Naegleria fowleri  adalah organisme bersel satu yang biasa ditemukan dan hidup di perairan hangat (seperti : danau, sungai dan sumb er  ai...

Naegleria fowleri adalah organisme bersel satu yang biasa ditemukan dan hidup di perairan hangat (seperti : danau, sungai dan sumber air panas) dan tanah.

Naegleria fowleri adalah organisme bersel satu yang biasa ditemukan dan hidup di perairan hangat (seperti : danau, sungai dan sumber air panas) dan tanah. Organisme ini disebut sebagai amuba pemakan otak karena dapat menghancurkan jaringan otak.

Dilansir dari CDC (Centers for Disease Control and Prevention), infeksi organisme ini dapat menyebabkan kematian dengan mekanisme penghancuran jaringan otak yang menyebabkan pembengkakan otak. Meskipun jarang terjadi tetapi infeksi dari Naegleria fowleri memiliki tingkat kefatalan yang tinggi yaitu berkisar sampai 97%. Seperti kasus yang terjadi di Amerika Serikat pada tahun 1962-2017 , hanya 4 orang yang selamat dari 143 orang yang terinfeksi Naegleria fowleri. Selain di Amerika Serikat, infeksi Naegleria fowleri juga pernah terjadi di kawasan Asia Tenggara seperti Thailand dan Vietnam.

Naegleria fowleri menginfeksi manusia ketika air yang terkontaminasi organisme ini masuk ke tubuh melalui hidung. Jadi tindakan pribadi yang tepat untuk mengurangi risiko infeksi Naegleria fowleri adalah membatasi jumlah air yang masuk melalui hidung pada saat berenang dengan menggunakan penjepit hidung dan membersihkan hidung dengan air murni. (Sofa)

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item