Tips Menabung Untuk Anak Kost

Mulailah Menabung Dari Sekarang Mahasiswa terutama anak rantau mau tidak mau harus menghemat uang kiriman dari orang tua. Tetapi sebaga...

Mulailah Menabung Dari Sekarang

Mahasiswa terutama anak rantau mau tidak mau harus menghemat uang kiriman dari orang tua. Tetapi sebagai mahasiswa kebanyakkan belum bisa membedakan antara kebutuhan dan juga keinginan, terkadang kita sudah kehabisan uang saku sebelum akhir bulan. Oleh karena itu sangat penting bagi mahasiswa untuk tetap mengontrol pengeluaran sehingga tidak akan ada istilah makan obat maag diakhir bulan.

Dilansir dari Finansialku sebagai mahasiswa kita harus mulai menabung untuk keperluan masa depan, kenapa kita harus menabung mulai sekarang? Kan kita belum memiliki penghasilan. Pepatah mengatakan “menabung dimasa muda, beruntung di masa depan”. Tidak ada salahnya kan jika kita menyisihkan uang saku kita dan tidak mengeluarkan uang selain kebutuhan, lagipula menabung mulai dari sekarang melatih diri dalam mengatur finansial saat sudah bekerja kelak.

Berikut ini adalah tips menabung untuk anak kos :

1.  Analisis pengeluaran

Buatlah analisi pengeluaran mulai dari makan, pulsa, kebutuhan sehari-hari dll. Membuat analisis pengeluaran akan membantu kita dalam mengatur pengeluaran perhari dan berapa sisa uang yang dapat ditabung. Perlu diingat jangan biasakaan untuk memenuhi keinginan yang tak dibutuhkan terutama yang sering dilakukan adalah keinginan JAJAN dan BELANJA, tidak ada salahnya jajan dan belanja namun jangan terlalu sering jika dirasa masih tidak dibutuhkan tak perlu dibeli.

2. Prioritaskan kebutuhan masa depan

Buatlah target masa depan seperti menikah, membeli kamera, modal usaha saat sudah lulus  atau yang lainnya. Kamu harus bisa membedakan mana yang harus terpenuhi sekarang atau di masa depan. Jangan hanya terlena saat kebutuhan sekarang terpenuhi, saat lulus kuliah nanti setiap orang belum tentu langsung mendapatkan pekerjaan, ada kala saat mencari pekerjaan kesana-kemari tapi tak kunjung mendapatkan pekerjaan. Uang tabungan bisa kita gunakan dalam mencukupi kebutuhan ataupun memulai bisnis.

3. Lakukan dengan rutin dan sabar

Jangan mudah menyerah saat mulai belajar menabung, lakukan dengan tekun, lawan segala godaan yang ada, karena hasil tak akan menghianati usaha.

Jangan lupa untuk menyisihkan uang saku kalian ya, ingat disisihkan bukan disisakan! Ayo mulai mengontrol keuangan kita dan mulai  menabung dari sekarang, mumpung masih muda supaya saat tua nanti terbiasa untuk menabung.

Penulis : Farida
Sumber : finansialku.com

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item