Asal-Usul Terbentuknya Hari Kejaksaan Nasional di Indonesia

Hari Kejaksaan Nasional Hari Kejaksaan Republik Indonesia telah berdiri dan menjadi lembaga mandiri sejak 22 Juli 1960 dengan berdasar...

Hari Kejaksaan Nasional

Hari Kejaksaan Republik Indonesia telah berdiri dan menjadi lembaga mandiri sejak 22 Juli 1960 dengan berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 204/1960. Untuk memperingati momen bersejarah tersebut, 22 Juli ditetapkan sebagai Hari Bhakti Adhyaksa yang selama setengah abad lebih menjadi tulang punggung dalam penegakan hukum di Indonesia. Untuk memenuhi tuntutan zaman, susunan organisasi dan tata laksana kerja Kejaksaan mengalami perubahan yang terjadi diawal era 90-an, dari Undang-Undang No. 15 tahun 1961 menjadi Undang-Undang No. 5 tahun 1991. 

Setelah era reformasi bergulir, Kejaksaan sebagai elemen penting dalam penegakan hukum melakukan pembenahan dan berupaya memperbaiki diri menjadi lembaga yang lebih mandiri dan bebas dari intervensi. Untuk memperkuat perubahan tersebut, Undang-Undang No. 5 tahun 1991 diperbarui menjadi Undang-Undang No. 16 tahun 2004 yang disambut gembira oleh banyak pihak lantaran dianggap sebagai peneguhan eksistensi Kejaksaan yang merdeka dan independen. Sebagai negara yang berlandaskan pada hukum, hari Kejaksaan Nasional selayaknya dimeriahkan oleh masyarakat Indonesia.

Penulis : Heni,  Nuva
Sumber : kominfo.co.id

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item