MEKAR HIMAKI, Solid dan Berkarakter

Himpunan Mahasiswa Kimia (Himaki) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila) menggelar kegiatan MEKAR...


Himpunan Mahasiswa Kimia (Himaki) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila) menggelar kegiatan MEKAR (Membentuk Karakteristik). Kegiatan ini digelar dengan pola indoor dan outdoor. 

Rangkaian kegiatan Indoor yang digelar pada Sabtu, (24/9) adalah kegiatan pembekalan materi dan motivasi di Gedung Fasilitas Bersama (GFB) FMIPA Unila. Materi diberikan langsung oleh dosen dan alumni Jurusan Kimia FMIPA. Para peserta diberikan materi dengan dua tema, yakni Materi 1 tentang Kimia Apa, Mengapa dan Siapa ? yang disampaikan oleh Prio Santoso, S.Si, serta Materi 2 tentang Strategi Belajar yang disampaikan oleh Dra, Nurul Utami, M.Si.

“Pemberian materi tersebut untuk memberikan suatu pola pikir kepada peserta bagaimana mahasiswa kimia itu sebenarnya dan bagaimana cara menghadapai kimia itu sendiri,”ungkap ketua pelaksana, Dani Agus Setiawan.

Lebih lanjut Dani menjelaskan bahwa tujuan diadakannya Mekar untuk mempererat lagi kekeluargaan di kimia, kemudian membentuk karakter mahasiswa baru menjadi mahasiswa yang kuat, tangguh dan berani memberikan pendapat mereka.

Setelah dilaksanakannya Mekar indoor, para peserta wajib mengikuti Mekar outdoor yang dilaksanakan selama dua hari, Sabtu-Minggu (1-2/10) di Pantai Sebalang, Tarahan, Lampung Selatan. Kegiatan yang mengambil tema “Solid dan Berkarakter” ini sempat terhenti di tahun 2006, dan akhirnya kembali terlaksana di tahun 2011.

“Setelah ada beberapa masukan dari senior, alumni, dan dosen dan pengamatan saya selama kuliah di kimia, dari situ acara ini dilaksanakan lagi,”ujar Dani.

Selain itu, lanjut pria yang sekarang duduk di semester 7 ini, mengungkapkan kendala-kendala dalam terlaksannya Mekar ini, menurutnya, semua yang kita lakukan pasti ada kendalanya, tapi semua pasti teratasi kalau kita yakin dengan kemampuan kita, itu kuncinya.

“kendala pertama dari perijinan kegiatan, karena kegiatan ini pasti mengundang banyak pandangan tentang perpoloncoan, tapi Mekar tidak seperti itu. Kendala kedua yakni kesiapan mental dan tanggung jawab dari seluruh panitia,”ujarnya.

Kegiatan Outdoor ini diikuti oleh 48 orang Mahasiswa Kimia 2011, 32 orang panitia dan Alumni, senior dan dosen yang berjumlah 25 orang. Pada kegiatan Outdoor, peserta kembali diberi bekal materi, Materi 1 tentang Kimia Lingkungan yang disampaikan oleh para senior dan alumni kimia, Slamet Kosasih dan Sony Sascori, S.Si. Materi 2 tentang Paradigma Berfikir yang disampaikan oleh Kompol. Faizal Ramadhani, S.Sos, SIP, M.H.

“Lega karena gak ada perpoloncoan dan yang pasti seru acaranya walau setelah acara jadi sedikit gak enak badan karena kedinginan waktu malam,”ujar Asti Nurul Aini, Mahasiswa Kimia 2011.

Lebih lanjut Asti menceritakan tentang pengalaman yang didapat setelah mengikuti Mekar ini.“Saya lebih mengetahui arti solid yang sesungguhnya, lebih kenal sama kimia dan yang pasti jadi lebih bersyukur sudah masuk kimia dan insyaAllah gak ragu untuk lanjut di kimia,”ujarnya.

Lain halnya yang dirasakan oleh Rio Wicaksono, pengalaman yang didapat dari cowok yang akrab disapa Rio ini yaitu bisa kenal kakak tingkat dan gak canggung lagi kalau berpapasan dengan kakak tingkat dan yang paling penting yaitu angkatan jadi lebih care.

“Semoga Mekar tahun depan lebih baik dari tahun ini, dan semoga kekeluargaan di kimia semakin solid dan semakin erat dari alumni kimia angkatan pertama sampai adik-adik kita sekarang,”tutup Dani diakhir wawancara.






Related

Berita Kampus 170700096428013920

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item