SEMARAK DIES NATALIS JURUSAN

Bulan Maret menjadi bulan yang penuh dengan berbagai acara besar nya Lembaga Kemahasiswaan (LK) yang ada di Fakultas Matematika dan Ilmu pen...


Bulan Maret menjadi bulan yang penuh dengan berbagai acara besar nya Lembaga Kemahasiswaan (LK) yang ada di Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung.

Acara-acara tersebut diadakan untuk merayakan Dies Natalis atau Ulang Tahunnya jurusan-jurusan yang ada di MIPA, yang hampir keseluruhannya jatuh pada bulan maret. Berbagai macam acara mulai dari Olimpiade Sains, Pertandingan Olahraga seperti Futsal dan Bulu tangkis, Bakti Sosial, Lomba Cepat Tepat (LCT), dan acara lain yang dapat memeriahkan semarak ulang tahun jurusan tersebut.

Semua kegiatan yang diselenggarakan mencakup 3 fungsi mahasiswa yakni sebagai agent of change, iron stock, dan social control. Himatika sebagai salah satu Himpunan Mahasiswa yang menyelenggarakan Dies Natalisnya yang bertajuk Dinamika XIII. Kegiatan ini bertemakan “Pengembangan Iptek Guna Menciptakan Insan yang Kreatif dan Peka Terhadap Permasalahan Sekitar”.

Banyak kegiatan yang diselenggarakan pada Dinamika XIII, antara lain Olimpiade Matematika untuk siswa-siswi SD, SMP dan SMA/Sederajat, Olimpiade Komputer, Pelatihan Guru Pembimbing (PGP), Pameran serta Bazar.

 ”Untuk kendala di acara ini , pembagian surat undangan kepada sekolah-sekolah di luar kota Bandar Lampung yang jauh, harus dikirim melalui kantor pos dan itu menghabiskan dana yang lumayan banyak,sedangkan kami kesulitan untuk mencari dana untuk kegiatan ini,” keluh Afdi Patria, ketua umum Himatika saat ditemui di sekretariat himatika.

Untuk Tahun ini Himpunan Mahasiswa Kimia (Himaki) banyak menyelenggarakan kegiatan-kegiatan baru pada Dies Natalisnya yang bertajuk Kimia EXPO XVI. Kegiatan yang bertemakan . rangkaian acaranya antara lain , Olimpiade Kimia (OKI) SMA/Sederajat, Lomba Cepat Tepat (LCT) Kimia, Lomba Mading (Loading) untuk siswa/i SMA, Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR), Chemistry Care (Checare) yang merupakan salah satu kegiatan Bakhti Sosial dan Pengabdian pada Masyarakat, Liga Kimia yang merupakan pertandingan Futsal dan Bulutangkis antar mahasiswi kimia FMIPA, dan yang terakhir adalah Gebyar Himaki yang meerupakan puncak perayaan sekaligus penutupan dari rangkaian acara Kimia EXPO XVI.

Himpunan Mahasiswa Fisika, dies natalis bertajuk FIESTA XI, kegiatan ini bertemakan “Fisika Menuju Lampung yang Cerdas”, acaranya terdiri dari Olimpiade Fisika piala gubernur yang dilaksanakan tanggal 24 dan 31 Maret 2012, dibarengan dengan Physics Futsal Competition (PFC) pada tanggal 23,24,dan 25 Maret , tak ingin kalah seru dari dies natalis jurusan lain Fiesta juga mengadakan Seminar Fisika Medik yang diadakan pada pertengahan april mendatang .

Himbio pun mendesign ulangtahun nya dengan kegiatan yang bertajuk PKSDA (Pekan Konservasi Sumber Daya Alam) ke XV, namun acara dies natalisnya diadakan pada bulan April mendatang. Rangkaian acaranya antara lain Aksi Lingkungan, Diskusi Terbuka, Lomba Grafitty, Lomba Menggambar dan Mewarnai, Lomba Kabaret Konservasi, Jalan Sehat, Pameran dan Bazar.

Dari setiap ketua umum dan pimpinan umum yang telah diwawancarai, semua kebingungan dengan masalah dana yang sedikit untuk melaksanakan acara- acara besar yang diadakan, dana kemahasiswaan yang sedikit dari pihak fakultas, hanya sedikit perusahaan swasta yang mau diajak bekerja sama , terlebih lagi instansi-instansi pemerintah yang sudah “tutup buku” untuk bantuan kegiatan kemahasiswaan.

Related

Berita Kampus 5780856348080607553

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item