Gubernur dan Wakil Gubernur BEM FMIPA Dilantik

Gubernur dan wakil gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila...

Gubernur dan wakil gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila) periode 2012-2013 resmi dilantik pada Selasa (24/6). Kegiatan berlangsung di Gedung Fasilitas Bersama (GFB) FMIPA Unila lantai II, pukul 13.00 hingga 14.30.
Pelantikan itu dikukuhkan oleh Arjun Fatahillah, Presiden Mahasiswa Unila periode 2012-2013. Dalam pelantikan ini, gubernur BEM terpilih tidak hadir dikarenakan sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Hadir pengurus BEM periode 2011-2012 serta beberapa undangan yang berasal dari Lembaga Kemahasiswaan (LK) di FMIPA.
Pasca-Pemira FMIPA (26/06) lalu, terpilihlah pasangan Ahmad Sulaiman (Fisika 2009) sebagai Gubernur didampingi Ahmad Khairuddin Syam (Ilmu Komputer 2010) sebagai Wakil Gubernur.

Dengan mengusung jargon “Maju dan Profesional”, Ahmad Khairuddin menguraikan BEM tahun ini bisa maju dalam bidang sains dan teknologi, wirausaha, serta sosial politiknya dan profesional dalam administrasi dan keuangan, kinerja, serta dalam pengambilan kebijakan.

Ahmad mengatakan sudah ada rencana yang akan dilakukan BEM pada 3 bulan ke depan.Antara lain mensolidkan internal BEM, penerimaan mahasiswa baru, membuat forum komunikasi semua Lembaga Kemahasiswaan (LK) dan Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) yang bertujuan sebagai media diskusi dan jaring aspirasi. Selain itu, menjalin komunikasi aktif dengan birokrasi FMIPA serta ekspansi dan membangun jaringan di luar FMIPA seperti media massa, gerakan mahasiswa, dan lain-lain.

Dalam mewujudkan rencana pendek maupun rencana panjang tersebut, BEM FMIPA menyediakan 7 departemen yang sebelumnya hanya 6 departemen. Terdapat departemen baru di kepengurusan 2012-2013, yaitu Departemen Dalam Negeri. Departemen ini yang akan mengurusi forum komunikasi di FMIPA, yang manangani masalah ke-MIPA-an, sebagai advokasi dan pelayanan.

Ada satu departemen yang berubah nama. Departemen yang sebelumnya bernama Kewirausahaan, kini berubah menjadi Departemen Bisnis dan Kemitraan. Adapun ke 7 departemen tersebut adalah: Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM), Departemen Kebijakan Publik (KP), Departemen Sains dan Teknologi (Saintek), Departemen Administrasi dan Kesekretariatan (Adminkes), Departemen Bisnis dan Kemitraan (BK), Departemen Hubungan Luar dan Pengabdian masyarakat (HLPM) dan Departemen Dalam Negeri (Depdagri).
Mahasiswa yang juga merangkap sebagai Ketua Forum Komunikasi Bidik Misi 2010 ini memaparkan harapannya untuk BEM tahun ini bisa menjadi Badan Eksekutif yang maju dan profesional. Mampu mencintai dan dicintai rakyatnya, eksis dan mampu menjalankan yang menjadi kewajibannya dan bisa dikenal hingga level nasional.

Menurut Tri Julian Mular (Gubernur Demisioner), banyak hal yang perlu diperbaiki untuk kinerja BEM ke depan, selain meneruskan program-program yang telah ada. Harmonisasi gerak kelembagaan menjadi salah satu sektor yang harus dibenahi. Hal ini untuk menjaga terjalinnya pola hubungan yang baik antar lembaga kemahasiswaan sehingga nuansa keilmuan yang berbasis sains dan teknologi tetap terjaga.

Menurutnya, penyikapan isu politik skala lokal dan nasional juga perlu dipertajam. Terutama menyikapi dan mengawal  pesta demokrasi pemilihan gubernur Lampung yang akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Bagi mahasiswa FMIPA yang ingin bergabung bersama BEM FMIPA Unila tahun ini, BEM membuka rekrutmen gelombang I mulai 27 Juli-10 agustus dan Gelombang II mulai 17 agustus-31 agustus 2012. [Silvana Maya]

Related

Berita Kampus 2029753834419001594

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item