FMIPA Hindari Perpeloncoan

Tiga hari mengi­kuti rentetan acara di Ge­dung Serba Guna (GSG) Uni­versitas Lampung, mahasiswa baru ternyata tak sempat meng­hirup udara se...


Tiga hari mengi­kuti rentetan acara di Ge­dung Serba Guna (GSG) Uni­versitas Lampung, mahasiswa baru ternyata tak sempat meng­hirup udara segar. Rabu (29/8) lalu, propti universitas ma­hasiswa baru angkatan 2012 Unila resmi ditutup. Namun, ini tak lantas membuat mereka mampu menghela napas lega. Pasalnya, mahasiswa baru ini kembali disambut oleh segu­dang rangkaian kegiatan propti di fakultasnya masing-masing.
Begitu juga dengan mahasiswa baru FMIPA. Ma­hasiswa angkatan 2012 dari 5 jurusan di FMIPA ini dikum­pulkan di halaman sebelah utara GSG dan diarak menuju FMIPA. 

Arakan mahasiswa baru FMIPA sempat terhenti. Akibat hujan deras sore itu. Rombongan kembali melan­jutkan perjalanan di bawah rin­tikan gerimis hingga sampai di Fakultas MIPA.
Keesokan harinya, Kamis (30/08) acara propti Fakultas MIPA pertama dimulai. Mahasiswa baru ini harus sudah datang pukul 06.30 WIB ke Ge­dung Fasilitas Bersama (GFB) dengan menggunakan atribut yang sudah diperintahkan. 

Acara dilanjutkan dengan perkenalan jurusan, para peserta diarahkan ke jurusan un­tuk memperoleh materi menge­nai jurusannya masing-masing. Setelah selesai, para peserta dikumpulkan kembali di GFB untuk memperoleh pembekalan mengenai tugas-tugas yang akan mereka kumpulkan pada hari kedua, seperti pengumpulan bak­sos dan lain-lain. 

Di hari terakhir, Ju­mat (31/08), peserta diharus­kan sudah berkumpul di GFB pukul 07.00 WIB dengan kem­bali mengenakan atribut. Saat berbaris di depan GFB, mereka diharuskan mengumpulkan tugas-tugas yang diharuskan, seperti pengumpulan baksos, tandatangan dan lain-lain. “Fung­si tanda tangan yaitu melatih kekompakan agar mereka bisa menilai dan menumbuhkan kerja sama antar mahasiswa. Tanda tangan ini bersifat tes, bukan pelatihan,” Ujar Ahmad Sulai­man, Gubernur BEM FMIPA. 

Acara dilanjutkan dengan perkenalan Lembaga kemahasiswaan(LK) di FMIPA, pengenalan LK dimulai oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Ma­hasiswa (DPM), Rohani Islam (Rois), Lembaga pers mahasiswa fakultas Natural, dan diakhiri dengan klub selam Anemon. Peserta juga diarahkan ke ju­rusan masing-masing untuk di­perkenalkan dengan himpunan mahasiswanya. 
Siangnya, peserta di­kumpulkan kembali di GFB untuk menerima beberapa pengumuman.
Ranah propti fakultas FMIPA memiliki khas tersend­iri dibandingkan dengan fakultas lain. Setiap apa yang diterapkan kepada mereka harus ada unsur sains. Propti FMIPA tidak ada perpeloncoan, main kasar, merendahkan harga diri, dan membentak. “Masa pengenalan mahasiswa baru dengan jurusan harus diiringi dengan rasa senang supaya mengena dengan mereka,” Tu­tup mahasiswa semester 7 ini. (Pangestu dan Ruli)

Related

Berita Kampus 1076423308400640487

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item