Memanfaatkan Waktu Saat Kuliah

Membagi waktu antara kuliah dan organisasi adalah masalah yang susah-susah gampang. Sebagian mengikuti organisasi dengan baik, tetapi hasil ...


Membagi waktu antara kuliah dan organisasi adalah masalah yang susah-susah gampang. Sebagian mengikuti organisasi dengan baik, tetapi hasil akademiknya bu­ruk. Sebagian tetap berprestasi baik dalam organisasi maupun akademik. Namun, se­bagian lagi berpikir “Buat apa organisasi, yang penting itu kuliah.” Semua itu memang pilihan. Dan pilihan itulah yang menentukan bagaimana kita kedepannya. Sukses kuliah dan organisasi memang nggak gampang. Bagi yang mengalami masalah yang sama.

berikut tips-tips membagi waktu antara ku­liah dan organisasi: 

1.Biasakan me-manage waktu den­gan baik. Buatlah jadwal kuliah dan kegiatan organisasi dalam satu timeline yang detail baik hari, jam, dan tempatnya. Kita bisa menulisnya di ponsel atau di buku agenda.
2.Dahulukan yang lebih penting dan mendesak. Buatlah prioritas atas apa yang kita lakukan.
3.Biasakan bersikap dan berkomu­nikasi dengan baik dan tegas. Contoh: Be­sok, kita menghadapi ujian semester. Diwak­tu yang sama, kita memiliki agenda rapat yang mendesak. Dalam situasi ini, kita harus berani mengambil keputusan yang tepat.
4.Menunda pekerjaan adalah ke­biasaan buruk dan tidak bertanggung jawab. Kebiasaan ini justru membuat pekerjaan kita terabaikan. Tidak akan selesai tepat waktu. Lebih baik jika pekerjaan-pekerjaan itu dici­cil. Hemat tenaga, tepat waktu.
5.Biasakan setiap hari untuk mem­baca kembali kuliah yang diberikan dosen, meringkas buku diktat kuliah, dan meren­canakan kegiatan setiap hari. Meski terasa berat diawal, namun kita akan memetik hasil yang memuaskan nantinya. 

Tidak semua kehancuran akademik seorang mahasiswa diakibatkan karena ak­tif dalam organisasi. Misal saja Hapin Afri­yani, mahasiswa kimia 2010 ini tetap mampu meraih prestasi yang baik dalam bidang aka­demik maupun organisasi yang diikuti.
Menurutnya, agar tetap mendapat prestasi yang baik dalam akademik maupun organisasi adalah dengan membuat skala pri­oritas. “Organisasi itu penting, tapi akademik juga penting. Jadi harus seimbang,” ujar ma­hasiswi semester 5 ini. 

Mahasiswi yang memiliki Indeks Prestasi (IP) Akademik 4,00 ini juga tak se­gan berbagi tips-tips membagi waktu kuliah dan organisasi yang baik kepada kru Natu­ral. Pertama, senangi dulu bidang kuliah dan organisasi yang kita ikuti. Menurutnya, ka­lau sudah tidak suka dengan keduanya, akan susah untuk meraih prestasi yang baik. Alih-alih kuliah dan organisasi bisa berantakan. Kedua, dahulukan mana yang lebih penting. Buat prioritas sesuai keadaan yang kita hada­pi. Ketiga, belajar secukupnya diwaktu yang efektif dengan terlebih dulu mengenali cara belajar kita. 

“Nah, yang terakhir, jika malu ber­tanya maka jalan-jalan,” ujar Hapin setengah bercanda. Bukan dalam arti yang sering kita dengar. Kalau sudah tidak tahu, jangan sam­pai kita tersesat di jalan. Manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya seperti mense­lancari internet, menyusuri halaman demi halaman buku, bertanya pada orang lain, dan sebagainya. (Arik dan Rio)

Related

Berita Kampus 8923688063295780691

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item