179 Mahasiswa FMIPA Terancam DO

Drop Out atau biasa dikenal dengan DO merupakan istilah yang sering digunakan untuk mahasiswa yang terancam dikeluarkan atau diberhentikan d...


Drop Out atau biasa dikenal dengan DO merupakan istilah yang sering digunakan untuk mahasiswa yang terancam dikeluarkan atau diberhentikan dari masa studinya. Cemas, takut, kecewa, mungkin itulah yang sedang dirasakan oleh 179mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Lampung yang masuk dalam daftar calon DO dengan perincian, Ilmu Komputer sebanyak 38 mahasiswa, Matematika sebanyak 26 mahasiswa,  Biologi sebanyak 25 mahasiswa, Fisika sebanyak 28, Kimia sebanyak 27, dan MI sebanyak 35.

Miris memang, ketika ketetapan dari pihak universitas yang menyatakan bahwa lama studi program sarjana di Unila ini hanya 14 semester atau berkisar 7 tahun. Memang tidak semua mahasiswa yang berada pada daftar terancam tersebut telah sampai pada akhir masa studinya. 

Berdasarkan peraturan akademik BAB II Pasal 16 dan 17 Unila, menetapkan mahasiswa yang akan di-DO dari program sarjana dinilai dalam tiga tahap (akhir semester 4, 11 dan 14) yang didasarkan pada Indeks Tahap (IT) minimum 2,00 yang perhitungannya sama dengan perhitungan IPK (Indeks Prestasi Akademik). Sedangkan diploma, di-DO karena dua hal yaitu tidak naik dari tingkat yang sama dua kali berturut-turut dan masa studi habis sebelum tercapainya persyaratan kelulusan dari program diploma.

Tidak hanya permasalahan pada bidang akademik, ada pula permasalahan pada bidang administrasi. Mahasiswa yang sudah keluar dari jurusan akan tetapi tidak mengurusi kepindahannya, maka mahasiswa itu pun dapat dimasukkan kedalam daftar mahasiswa calon DO tersebut. Pemulihan itu tetap ada, akan tetapi dilihat dari pada permasalahan mahasiswa itu sendiri, seperti yang dikatakan Prof. Suharso Ph.D selaku Dekan FMIPA saat ditemui diruangannya pada Jumat (19/10).

“Kalau mereka bisa diselamatkan, kita akan selamatkan agar mereka bisa keluar dari krisis itu, tapi kalau sudah mentok, maka apa boleh buat,” Ujar dosen kimia ini.

Menjadi salah satu daftar mahasiswa calon DO adalah hal yang tidak diinginkan bagi setiap mahasiswa. Salah satunya Eko Parias, mahasiswa Matematika ini memiliki kiat khusus agar tidak masuk dalam daftar calon DO. “Kita harus rajin belajar, biar IP-nya nggak satu nasakomkebawah, dan juga rajin belajar kelompok sama temen,” jelas mahasiswa semester 3 ini. (Khairil/Aldino/Merda/Suyanti)


Related

Berita Kampus 1440156166330448384

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item