Asah Kreativitas Melalui PKM

“D ari PKM mahasiswa bisa mendapatkan ilmu, pengalaman, dan juga uang. Apa lagi yang dicari?,” ujar Washington Simanjuntak yang juga pembimb...


“Dari PKM mahasiswa bisa mendapatkan ilmu, pengalaman, dan juga uang. Apa lagi yang dicari?,” ujar Washington Simanjuntak yang juga pembimbing PKM terbaik tingkat nasional. 
Dosen kimia ini merasa prihatin karena partisipasi dari mahasiswa khususnya di MIPA yang masih sangat sedikit dan kurangnya keterlibatan dosen.

Sebenarnya PKM bisa maju jika mahasiwa mempunyai hubungan yang baik dengan dosennya. Berdasarkan pengalaman jika proposal dibiarkan begitu saja tanpa ada campur tangan dari dosen, akan sulit untuk bisa lolos seleksi,“ tambahnya.

PKM terbuka  tidak hanya mahasiswa yang mengambil perkuliahan eksakta saja. Mahasiswa dengan latar belakang bidang ilmu sosial, ekonomi, pendidikan juga bisa mengikuti PKM ini, karena di PKM sendiri terdapat 7 kategori yang diperlombakan, yaitu PKM-P (Penelitian), PKM-T (Teknologi) , PKM-K (Kewirausahaan), PKM-M , PKM-KC (Karya Cipta), PKM-AI (Artikel Ilmiah) dan PKM-GT (Gagasan Tertulis).

PKM sendiri dikhususkan untuk kalangan mahasiswa. Sebenarnya dosen tidak diperkenankan untuk mengikutinya, tetapi karena mahasiswa masih membutuhkan peranan dosen dibelakangnya, jadi keikutsertaan dosen dalam PKM itu sudah menjadi hal biasa,” tutur dosen kimia fisik ini.
Terdapat beberapa kriteria untuk menjadi proposal PKM yang baik yang sudah ditentukan dalam buku panduannya. Mulai dari persyaratan administrasi, format penulisan, jumlah halaman dan gagasan  yang aktual.
Semua itu harus mengikuti panduan yang ada, karena dalam seleksi awal proposal, pasti akan ada banyak pesertanya, jika dari formatnya saja sudah salah, itu bisa membuat proposalnya langsung di singkirkan,” jelasnya.

Sebenarnya Universitas Lampung sendiri sudah 2 kali berhasil lolos sampai ke tingkat nasional. Pada 2007 saat Lampung menjadi tuan rumah, tim dari jurusan kimia lolos setelah mengajukan PKM tentang semir sepatu dari daging buah karet. Di Tahun 2010, tim kimia kembali berkarya di Nasional dengan mengangkatnano silica dari silica sekam padi dan Bali menjadi tuan rumah pada saat itu.

Menurut Washington, sampai saat ini yang menjadi kendala  utama dalam membimbing tim PKM adalah kurangnya antusias dari mahasiswa, kemudian kurangnya belajar cara menulis proposal dan kurang membaca proposal penelitian yang ada. (Andri/Adelfira/Linda/Windi/Nafilata)

Related

Berita Kampus 8891815684820162661

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item