Himafi Kembali Adakan WKTI

Workshop Karya Tulis Ilmiah (WKTI) adalah salah satu program kerja bidang yang ada di Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafi. WKTI ditunjukan unt...



Workshop Karya Tulis Ilmiah (WKTI) adalah salah satu program kerja bidang yang ada di Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafi. WKTI ditunjukan untuk mahasiswa baru jurusan Fisika, pada tahun ini acara diadakan selama dua hari yaitu  pada (29-30/9) di gedung fisika. Sekitar 43 peserta hadir dalam acara ini.

WKTI merupakan salah satu sarana dari Himafi untuk mengembangkan kreasi mahasiswa baru untuk berkarya terutama dalam hal karya tulis.  Pada kegiatan ini diisi dengan empat materi yang dapat melatih peserta workshop agar dapat membuat  karya tulis ilmiah dan mempresentasikannya dengan baik.

Materi-materi ini disampaikan oleh dosen-dosen di jurusan fisika. Hari pertama diisi oleh Gurum Ahmad Fauzi dengan materi mengenai Program Kreativitas Mahasiswa (PKM),  materi kedua terkait ide atau gagasan oleh Simon Sembiring, Ph.D, kemudian hari kedua pada materi diisi oleh Dr.Warsito mengenai teknik penulisan karya tulis ilmiah dan materi kedua tentang teknik presentasi yang baik oleh Eti Yulianti.
“materi yang menarik menurut saya itu cara mencari ide dari Pak Simon, teknik penulisan  karya ilmiah juga menarik dari Pak Warsito jadi lebih mengerti,” ujar Riri, salah satu mahasiswa fisika 2012.

Melalui WKTI mahasiswa dilatih untuk membuat karya ilmiah yang baik dan benar dengan arahan dari dosen serta untuk membuat laporan dan  makalah. Setelah mendapatkan materi tentang cara membuat karya tulis ilmiah dan cara mempresentasikannya dengan baik, peserta workshop dibagi menjadi beberapa kelompok kemudian di setiap kelompok dibimbing oleh satu kakak asuh untuk membuat sebuah karya tulis dan peserta diberi waktu selama dua minggu untuk menyelesaikan karya tulis yang akhirnya akan dipresentasikan.

“Harapan untuk peserta yang pasti acara ini  benar-benar bermanfaat untuk dirinya yang kedua dengan berjalannya dengan baik mahasiswa diharapkan mengerti apa yang disampaikan pemateri untuk dirinya jadi dapat langsung diterapkan dalam prakteknya membuat makalah,” harap ketua pelaksana WKTI. (Tiyas/Tazkiya/Ulfatun/Novazila/Niken)

Related

Berita Kampus 871802755247454445

Posting Komentar

emo-but-icon

Ikuti Kami

Berita Hangat

item